Kerap Membuat Kulit Berminyak, Ini Manfaat Sebum Bagi Kulit

Sebum berada hampir di seluruh tubuh manusia terutama di leher, dada, punggung dan wajah.
Ilustrasi membersihkan wajah. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Cairan yang dikeluarkan oleh tubuh bukan hanya keringat dan urine, melainkan ada pula cairan yang fungsinya sangat penting bagi kelembapan kulit yaitu sebum. Minyak alami ini diproduksi oleh kelenjar sebasea di bawah kulit. Sebum berada hampir di seluruh tubuh manusia terutama di leher, dada, punggung dan wajah.

Produksi sebum meningkat saat seseorang memasuki fase pubertas. Itulah sebabnya anak remaja yang baru pubertas berjerawat. Bagi pria kemunculan sebum dipengaruhi oleh hormon androgen atau hormon seks. Sedangkan bagi wanita, terdapat 2 hormon yang mempengaruhinya yaitu hormon androgen dan progesteron.

Apabila sebum pada kulit kita terproduksi dalam jumlah sedikit dapat menimbulkan masalah seperti kulit kering dan penuaan dini. Masalah lain juga timbul bila produksi sebum terlalu banyak ditambah pori-pori wajah yang lumayan besar dapat menyebabkan komedo menumpuk dan kulit berminyak.

Sebum tidak bisa dihilangkan 100%, kalian bisa mengontrolnya dengan memakai blotting paper untuk mengurangi tampilan minyak pada wajah. Selain itu, bisa menggunakan skincare yang cocok untuk kulit berminyak atau melakukan eksfoliasi kotoran dan sel mati pada kulit wajah.

Sebum ini memiliki banyak manfaat bagi kulit apabila jumlahnya terkendali. Berikut beberapa fungsi sebum bagi kulit manusia.


1. Melembabkan kulit

Sebum berfungsi menjaga kulit tetap lembab, kenyal, dan elastis sehingga terhindar dari kulit pecah, kering, dan keriput.


2. Melindungi kulit dari mikroba

Produksi sebum di kulit menjaga pH kulit tetap normal 4,5-6,0. Dengan tingkat keasaman yang normal dapat mencegah mikroba penyebab infeksi menyerang kulit.


3. Melindungi kulit dari sinar UV

Fungsinya yang melembabkan bermanfaat melindungi kulit dari sinar UV sebab kulit yang terlalu sering terkena sinar UV mengakibatkan kulit rusak. Selain itu, dianjurkan pula memakai tabir surya dengan SPF minimal 30 agar proteksi kulit maksimal.

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga :






Berita terkait
10 Tips untuk Mempunyai Kulit Berkilau
Untuk mempunyai kulit yang berkilau memang membutuhkan banyak usaha, baik secara fisik dan mental.
6 Mitos Kulit Berminyak Pada Wajah
Ada beberapa mitos lain tentang kulit berminyak pada wajah yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya.
Wajib Tahu! Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Kulit
Merawat kecantikan tubuh tidak hanya dari luar saja, dari dalam pun kita perlu merawat kecantikan khususnya kulit. Berikut manfaat vitamin E.
0
Kerap Membuat Kulit Berminyak, Ini Manfaat Sebum Bagi Kulit
Sebum berada hampir di seluruh tubuh manusia terutama di leher, dada, punggung dan wajah.