Waskita Karya

Cara Memasak Paha Ayam Sederhana dan Renyah

Membuat sajian paha ayam yang renyah terkadang cukup sulit. Namun, Anda jagan khawatir berikut cara memasak paha ayam sederhana dan renyah.
Ilustrasi - Paha ayam. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta – Setiap individu memiliki cara tersendiri memasak paha ayam setiap paha ayam menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut serta juicy di dalam, tergantung bagaimana cara mengolahnya.

Akan tetapi, membuat sajian paha ayam yang renyah terkadang cukup sulit. Metode yang salah justru akan membuat paha ayam menjadi gosong, alih-alih menjadi renyah.

Ada dua item memasak yang dapat membantu proses memasak paha ayam renyah menjadi lebih mudah. Seperti dilansir Mashed, Jumat, 18 Juni 2021, salah satu di antara item tersebut adalah cast iron skillet atau wajan penggorengan dari besi tempa.

Cast iron skillet merupakan pilihan terbaik untuk mengolah makanan menjadi renyah. Alat memasak ini akan mempermudah proses memasak paha ayam yang renyah tanpa gosong.

Untuk semakin meningkatkan kerenyahan paha ayam, yang dibutuhkan bukanlah bahan memasak rahasia, melainkan batu bata. Batu bata diketahui dapat bertahan pada suhu yang tinggi. Selain itu, batu bata juga aman untuk digunakan di dalam oven atau pemanggang.

Untuk memasak paha ayam nan renyah dengan skillet dan batu bata, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan semua bahan, termasuk batu bata. Selanjutnya, bungkus batu bata denan tinfoil agar sedimen dari batu bata tidak mengotori makanan.

Kemudian taburkan bumbu untuk memperkaya rasa paha ayam. Salah satu kombinasi bumbu yang sederhana namun menggiurkan adalah garam dan lada.

Setelah itu, tuang minyak ke dalam skillet dan masukkan paha ayam ketika skillet sudah panas. Masukkan paha ayam dengan posisi bagian kulit menyentuh area skillet terlebih dahulu. Tambahkan beberapa bumbu seperti bawang putih, rempah, bawang bombay sesuai selera bila menginginkannya.

Langkah selanjutnya, tempatkan batu bata yang sudah dilapisi tinfoil di atas paha ayam. Masak paha ayam hingga mencapai suhu internal 165 derajat Fahrenheit, atau sekitar 74 derajat Celsius. Jangan lupa untuk memasak sisi lainnya hingga matang merata.

Pada tahap ini, kulit ayam sudah berubah warna menjadi cokelat keemasan. Selain itu, tekstur kulit ayam pun sudah menjadi sangat renyah. Tambahkan olesan mentega ke atas paha ayam agar sajian tersebut semakin terasa lezat untuk disantap. []

Berita terkait
Resep Ayam Goreng Pedas McDonals Buat Sendiri di Rumah
Berikut resep membuat sendiri ayam goreng pedas di rumah ala MCDonalss.
Resep Istimewa Memasak Ayam Taliwang Lezat Khas NTB
Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki sejumlah kuliner khas yang nikmat. Salah satunya adalah ayam taliwang yang cukup dikenal di Indonesia.
Variasi Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi yang Nikmat dan Lezat
Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi memiliki variasi dalam pengolahannya untuk disajikan. Salah satunya variasi nasi bakar.
0
Cara Memasak Paha Ayam Sederhana dan Renyah
Membuat sajian paha ayam yang renyah terkadang cukup sulit. Namun, Anda jagan khawatir berikut cara memasak paha ayam sederhana dan renyah.