Cara Memahami Karakter Calon Konsumen

Lancarnya laju bisnis dipengaruhi oleh keseringan calon konsumen datang untuk membeli produk yang akan dijual.
Suasana toko kerajinan tangan (Foto/Tagar/pexels/subbo noir)

TAGAR.id, Jakarta - Lancarnya laju bisnis dipengaruhi oleh keseringan calon konsumen datang untuk membeli produk yang akan dijual. Ketergantungan pengusaha pada konsumen, sehingga melahirkan pepatah pembeli adalah raja. 

Sebagai pengusaha anda harus menyambut siapa saja yang bakal jadi calon konsumen dengan ramah, baik, dan sopan. Tidak memandang laki-laki atau perempuan, kalangan atas atau menengah, tua atau muda dan selera pasar atau gaya hidup. 

Siapa saja yang berkunjung ke tempat bisnis, anda wajib melayaninya dengan baik sehingga produk yang anda jual bisa laku. Namun , anda harus mengetahui berbagai karakter calon konsumen yang biasa dijumpai di dunia bisnis.


1. Konsumen pemula

Konsumen ini umumnya datang ke tempat bisnis/usaha anda karena berbagai sebab, seperti ingin melihat saja, cuci mata atau memang akan membeli produk yang anda jual. 

Mereka mendapatkan informasi tempat bisnis dan produk yang anda jual biasanya dari teman, iklan media konvensional maupun digital atau hanya kebetulan lewat.

Konsumen ini biasanya sering bertanya semua hal tentang produk yang anda jual, baik bentuk, warna, rasa, ukuran dan harga sesuai dengan produk apa yang anda jual. Anda harus menjawab pertanyaan tersebut dengan ramah. 

Anda tidak perlu berkecil hati bila mereka kadang tidak membeli produk anda. Sebab, konsumen seperti ini merupakan calon pembeli yang baik di kemudian hari.


2. Konsumen pedagang

Ciri konsumen ini selalu melihat-lihat produk anda, lalu menawar harganya. Konsumen seperti ini dikenal sebagai pedagang yang ingin mendapatkan keuntungan. Mereka selalu berpatokan pada harga yang murah karena produk yang dibelinya dari anda akan dijual kembali. 

Jika harga produk yang dijual kompetitor lebih murah, mereka akan datang kesana. Sebaliknya jika harga produk yang anda jual lebih murah , mereka akan belanja ke tempat anda.


3. Konsumen informan

Konsumen ini datang ke tempat bisnis/usaha anda hanya untuk melihat-lihat harga saja.Setelah puas, mereka akan pergi begitu saja. Kemungkinan orang tersebut datang atas perintah kompetitor untuk melihat produk yang anda jual dan harga yang anda jual.


4. Konsumen pembanding

Hal yang mesti diwaspadai bila konsumen selalu membanding-bandingkan harga produk sejenis yang anda jual dengan toko-toko lain. Konsumen ini bisa jadi mengadu domba anda dengan kompetitor, dan bahkan ingin merusak harga pasaran produk tersebut. 

Anda tidak perlu gusar dalam menghadapinya. Bila memang informasi itu benar, anda sebaiknya intropeksi diri. Karena saran dan kritik dari konsumen sangat penting demi kesuksesan bisnis anda.


5. Konsumen tajir

Konsumen ini yang diharapkan datang disetiap bisnis/ usaha. Mereka umumnya tidak cerewet soal produk yang dijual. Anda perlu berhati-hati dalam menghadapinya karena mereka selalu memperhatikan kualitas produk yang akan dibelinya. Mereka tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang dalam jumlah banyak untuk mendapatkan produk yang berkualitas.[]


(Agung Bukit)


Baca Juga:

Berita terkait
Belanja Konsumen AS Turun Sedangkan Inflasi Terus Meningkat
Indikator inflasi utama naik 5,8% dibandingkan pada tahun lalu, seperti dikatakan oleh pejabat di Departemen Perdagangan AS
Inilah Tips Jitu Menghadapi Komplain Konsumen
Adanya kekurangan pada produk produk atau pelayananmu yang menyebabkan munculnya sebuah komplain dari konsumen.
Tips Menulis Email Penawaran Ke Konsumen
Anda membutuhkan beberapa tips berikut ini untuk bisa menulis email penawaran yang menarik.