Tips Menulis Email Penawaran Ke Konsumen

Anda membutuhkan beberapa tips berikut ini untuk bisa menulis email penawaran yang menarik.
Email (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Rata-rata bahkan bisa dikatakan kebanyakan dari mereka yang melakukan penawaran bisnis kepada konsumen melalui email tidak mendapatkan respon yang positif.

Email yang tidak menarik, tidak akan dibaca oleh calon konsumen bahkan tanpa dibaca akan di Mark As Read atau Delete. Jadi, kuncinya memang ada di penulisan tersebut.

Memang benar jika membuat email penawaran bukan hal yang mudah. Email jenis ini memang berbeda dengan Email yang ditulis sehari-hari yang Anda tulis kepada teman, rekan kerja atau juga keluarga

Jika diteliti, bisa dibilang Anda tidak memiliki ikatan apapun dengan calon konsumen sehingga bagi calon konsumen tidak membaca atau langsung men-delete email Anda adalah hal yang wajar mereka lakukan. 

Anda membutuhkan beberapa tips berikut ini untuk bisa menulis email penawaran yang menarik.


Gunakan Bahasa Formal

Anda tidak tahu siapa yang sedang berhubungan dengan Anda. Bisa saja yang Anda hubungi adalah orang yang benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai tertentu. Sehingga ketika Anda hendak membuat email pengajuan penawaran ini bisa dengan mudah diterima oleh calon konsumen. 

Selain itu, tidak ada yang akan merasa dirugikan ketika menggunakan bahasa formal lantaran orang-orang sudah sepakat dan bisa menerima norma atau hal lainnya yang berkaitan dengan bahasa formal. Artinya, tidak aka nada yang dirugikan ketika menggunakan bahasa formal.


Penulisan Subjek Email

Walau terdengan simple dan sangat sederhana, faktanya, menulis subjek email penawaran bukan hal yang mudah. Bahkan, penulisan subjek email inilah yang menjadi ujung tombaknya. 

Jika subjek email ditulis dengan bahasa singkat, padat, jelas serta relevan dengan calon konsumen seperti pesaing mereka, pelanggan mereka, berhubungan dengan bisnis mereka, impian mereka atau hal lainnya yang kira-kira akan membuat calon konsumen semakin penasaran karena memang mereka mencari informasi yang relevan.


Isi To the Point

Ini yang diinginkan oleh banyak konsumen ketika menerima email penawaran. Bahasa yang jelas, ringkat, singkat dan renyah tanpa harus mengurangi nilai maknanya. To The Point artinya tidak bertele-tele karena Anda tidak akan tahu siapa yang menerima email Anda ini. 

Bisa saja yang menerima email Anda adalah orang yang sangat sibuk sehingga ketika membaca isi yang bertele-tele akan ditinggalkan begitu saja. Termasuk isi juga tentang pemilihan kata dan gaya bahasa sehingga mudah dicerna oleh siapapun.


Pesan Penjualan Yang Efektif Dan Efisien

Memang di dalam isi dari sebuah email bisa berupa informasi yang sangat banyak. Namun, tetap fokus pada pesan penjualan atau penawaran. Pesan penawaran atau penjualan harus dibuat semenarik mungkin sehingga calon konsumen bisa tertarget dengan baik. Ingat, bualah pesan penjualan atau penawaran secara efektif dan efisien.

Itulah beberapa tips mengirim email untuk konsumen, jangan sampai membuat konsumen Anda pergi hanya karna pesan tidak menarik. Semoga bermanfaat.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Kemendag: Pengaduan Konsumen Kebanyakan Soal E-Commerce
Aplikasi pesan Whatsapp menjadi saluran layanan pengaduan konsumen yang paling banyak digunakan
4 Tips Ampuh Untuk Menarik Perhatian Konsumen
Kamu ingin berbisnis atau memiliki bisnis yang baru saja kamu mulai? Apakah kamu sudah memiliki pelanggan yang setia?
Tips Untuk Memahami Konsumen Bisnis Minuman
Kamu bisa melakukan riset untuk membantu diri kamu mengetahui apa yang konsumen suka atau tidak.
0
Penduduk Asli Pertama Amerika Jadi Bendahara Negara AS
Niat Presiden Joe Biden untuk menunjuk Marilynn “Lynn” Malerba sebagai bendahara negara, yang pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS)