Jakarta - Sebagai seorang pebisnis hijab, kamu perlu membangun komunikasi yang baik dengan para konsumen.
Kadangkala akan muncul masalah dalam bisnis hijabmu dan menimbulkan komplain. Kamu harus segera mengatasi komplain konsumen bisnis hijabmu.
Kamu harus segera mengatasi sebuah komplain. Karena itu kamu perlu tahu cara-cara menyelesaikannya.
Penyelesaian masalah yang timbul ini akan menguji usahamu. Mampu tidaknya memanajemen komplain akan menjadi tolak ukur dari seberapa siap kamu menjalani hidup sebagai seorang pebisnis yang baik.
Berikut adalah beberapa cara harus kamu ketahui untuk menghadapi konsumen yang melakukan komplain.
Berikan Garansi kepada Konsumen
Hal ini dilakukan untuk mencegah konsumen meminta garansi atau pengembalian produk untuk sesuatu yang bukan merupakan kesalahanmu. Memberikan garansi juga bertujuan agar hak dari konsumen tetap terjaga.
Minta Masukan dari Konsumen
Meminta masukan kepada konsumen akan membuat mereka semakin percaya dan nyaman order ke kamu. Saran yang diberikan dari konsumen juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dari hasil produk dan sistem kerja yang kamu bangun.
Cari Tahu Penyebab Komplain
Adanya kekurangan pada produk produk atau pelayananmu yang menyebabkan munculnya sebuah komplain dari konsumen.
Hal yang harus kamu lakukan ketika menerima komplain adalah tetap tenang. Bersikap tenang akan membuatmu bisa menangani persoalan ini dengan baik.
Itulah beberapa tips untuk mengatasi komplain dari pelanggan Anda, semoga bermanfaat.[]
(Erlangga)
Baca Juga:
- Tips Untuk Memahami Konsumen Bisnis Minuman
- 4 Tips Ampuh Untuk Menarik Perhatian Konsumen
- Kemendag: Pengaduan Konsumen Kebanyakan Soal E-Commerce
- Konsumen Listrik di Tanah Air Mulai Lirik Panel Surya