UNTUK INDONESIA
Cara Masak Sate Kambing Tak Berbau Saat Idul Adha
Daging kambing menjadi bahan makanan identik ketika Idul Adha. Namun untuk mengolahnya harus memperhatikan beberapa hal agar tidak berbau.
Ilustrasi Sate Kambing. (Foto: Instagram/sumiorasen)

Jakarta - Tak lama lagi hari raya Idul Adha akan tiba, tentu banyak masyarakat yang sudah menyiapkan berbagai resep hidangan lezat, salah satunya sate kambing. Namun untuk mengolah sajian ini harus memperhatikan beberapa hal agar daging tidak menjadi bau saat disantap.

Sate kambing tentu bukan lagi menjadi makanan yang asing bagi lidah masyarakat Indonesia. Kekayaan dan kelezatan cita rasanya tentu mampu membuat lidah para penikmatnya dimanjakan.

Selain itu, daging kambing juga memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diingat, jangan berlebihan ketika mengonsumsi sajian lezat ini terlebih bagi yang memiliki riwayat darah tinggi atau hipertensi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar ulas cara membuat sate kambing tidak bau.

1. Pilih Daging Berserat Halus

Ketika ingin mengolah sate kambing disarankan untuk memilih yang memiliki serat lebih halus. Terdapat beberapa bagian yang bisa dicoba untuk membuat makanan ini, seperti bagian khas dalam atau paha belakang kambing.

2. Jangan Dicuci

Sebaiknya, jika ingin mengolah daging kambing jangan dicuci melainkan cukup mengelapnya menggunakan tisu atau lap. Sebab, mencuci daging kambing bisa membuat aromanya prengus dan amis, serta teksturnya lebih alot.

3. Buang Lemak

Cobalah untuk membuang lemak yang menempel pada daging menggunakan pisau. Ini akan membuat olahan sate kambing menjadi lebih sehat.

4. Rendam Nanas

Sebelum mengolah daging kambing, Sebaiknya Anda merendamnya terlebih dahulu dengan menggunakan nanas. Cara ini bisa membuat tekstur daging lebih empuk. Namun jangan terlalu lama karena daging bisa hancur nantinya.

5. Bungkus Daun Pepaya

Selain nanas, membungkus daging kambing menggunakan daun pepaya juga bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Ini karena daun pepaya memiliki kandungan zat papain yang membuat daging lunak tanpa harus memasaknya dalam jangka waktu yang lama.

Caranya mudah, cukup meremas dan bungkus daging yang sudah dipotong ke dalam daun pepaya. Namun harus diingat sebelum membungkusnya jangan mencuci daging terlebih dahulu.

6. Marinasi

Marinasi juga menjadi salah satu cara mengolah daging kambing agar tidak bau prengus. Anda bisa mencoba campurkan bawang putih, air jeruk, daun jeruk, dan ketumbar untuk merendam daging agar aromanya menjadi lebih sedap ketika dimasak.

7. Simpan Daging dengan Tepat

Menyimpan daging dengan tepat juga salah satu cara untuk menjaga kualitasnya. Cobalah simpan daging yang sudah dikemas dalam wadah yang kedap udara ke dalam freezer agar daging bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Baca Juga:

Berita terkait
Resep Camilan Lezat Olahan Kacang Hijau
Selain diolah langsung, kacang hijau juga bisa dikreasikan sebagai isian camilan menggugah selera. Berikut resep camilan yang berisi kacang hijau.
Resep Unik Kreasi Puding Susu Gula Aren
Puding gula aren menjadi camilan tepat disantap bersama keluarga sambil menemani waktu bersantai. Cara membuatnya juga mudah, berikut resepnya.
Resep Nasi Goreng Padang Pengingat Kampung Halaman
Selain dikenal dengan beragam makanan khasnya, ternyata Padang juga memiliki olahan nasi goreng yang populer. Berikut resepnya.
0
Cara Masak Sate Kambing Tak Berbau Saat Idul Adha
Daging kambing menjadi bahan makanan identik ketika Idul Adha. Namun untuk mengolahnya harus memperhatikan beberapa hal agar tidak berbau.