Cara Bijak Memilih Lokasi Imunisasi Saat Masa Corona

Ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko menyarankan pada orang tua agar bijak memilih lokasi imunisasi yang aman untuk anak selama masa Corona.
Ilustrasi Imunisasi Anak. (Foto: vaccinationcouncil.org)

Jakarta - Ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko menyarankan pada orang tua agar bijak memilih lokasi imunisasi yang aman untuk anak di tengah pandemi Corona atau Covid-19. 

Para orang tua juga diingatkan untuk memberikan imunisasi lengkap pada anak selama Corona masih mewabah agar sang buah hati tidak mudah diserang penyakit. 

"Ada tidak adanya COVID-19 penyakit-penyakit lain seperti difteri, influenza, pneumonia, diare, campak tetap ada. Apalagi sekarang ada wabah, imunisasi tetap harus dilengkapi," kata Soedjatmiko dalam konferensi pers virtual, Senin, 16 Juni 2020, seperti dikutip dari Antara

Memang di tengah wabah Corona sekarang ini, seluruh orang tua masih ragu membawa anak mereka ke rumah sakit atau klinik untuk imunisasi. 

Menghindari rasa khawatir itu, kata Soedjatmiko, sebaiknya orang tua harus mencari klinik dokter yang tidak menangani pasien sakit, termasuk Covid-19 sementara ini. Khusus untuk rumah sakit, pilihlah rumah sakit yang membuat jalur beda antara jalur pasien dan imunisasi.

Selesai imunisasi juga segera pulang jangan mampir-mampir dulu.

"Rumah sakit yang baik akan membedakan jalur untuk imunisasi dan jalur untuk pasien, jadi tidak akan bertemu," ucap dia. 

Meski begitu, dia tetap menyarankan orang tua mencari lokasi yang terdekat dengan rumah untuk membawa anak imunisasi. Kemudian, saat mengunjungi klinik atau rumah sakit, terapkan protokol kesehatan seperti, memakai masker baik ibu maupun anaknya (atau mengenakan pelindung wajah) dan mencuci tangan usai memegang suatu benda.

"Selesai imunisasi juga segera pulang jangan mampir-mampir dulu. Pulang, cuci tangan, mandi," tutur Soedjatmiko.

Dalam kesempatan berbeda, konsultan pediatri ZAP Clinic, Citra Amelinda pernah menyarankan pemilihan lokasi imunisasi yang melakukan screening sejak di pintu depan dan lokasi yang meminimalisir proses administrasi. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Agar Pekerja Mudah Bangun Pagi di Era New Normal
Saat era new normal dan PSBB transisi, para pekerja kantoran tentu akan kesulitan bangun pagi hari untuk melanjutkan rutinitas di kantor.
Tips Berlibur di Era New Normal Selama Pandemi Corona
Sekian lama berada di rumah, sebagian besar orang berkeinginan untuk berlibur di era new normal. Berikut tips aman berlibur selama era new normal.
Prosedur Maskapai Penerbangan Saat New Normal
Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) menerbitkan rekomendasi kesehatan khusus untuk industri penerbangan di era new normal.
0
Naomi Osaka Mundur Dari Grand Slam Prancis Terbuka 2021
Naomi Osaka, petenis Jepang peringkat dua dunia, menolak konferensi pers setelah pertandingan akhirnya mengundurkan diri dari Prancis Terbuka