UNTUK INDONESIA
Cara Aman Menyusui Bayi di Tengah Pandemi Corona
Para ibu yang tengah menyusui bayinya harus berhati-hati di tengah pandemi corona ini. Berikut cara aman menyusui di tengah pandemi covid-19
Ilustrasi Menyusui. (Foto: sherights.com)

Jakarta - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat setiap orang khawatir, termasuk ibu-ibu yang tengah menyusui. Itu lantaran virus satu ini mudah menyebar dan menular. Karena itulah, para bu harus tetap waspada agar proses menyusui bisa aman dan nyaman sehingga kebutuhan nutrisi bayi bisa tercukupi.

Cara menjaga kualitas ASI adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup,

Medical Doctor dr. Sonia Wibisono menekankan, ibu-ibu harus selalu menjaga kebersihan dan memastikan melakukan perlindungan ekstra terhadap kesehatan serta anggota keluarga lain yang tinggal serumah dengan si kecil.

 "Lakukan gaya hidup sehat, termasuk mengatur pola makan, pola tidur yang baik, menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, serta memastikan lingkungan rumah yang selalu bersih, sanitasi terjamin, cuci tangan sering-sering, pakai hand sanitizer alkohol, kemudian disinfectant spray untuk paket-paket dan barang-barang yang perlu disterilisasi," kata dia melalui channel Youtub Halodoc seperti dikutip Tagar, Minggu, 2 Agustus 2020.

Menurut dr. Sonia, para ibu juga harus memastikan tetap berada di rumah selama pandemi. "Jadi jangan pergi-pergi kalau tidak keperluan yang mendesak. Jika ada anggota keluarga rumah yang harus terpaksa keluar, pastikan mereka kalau pulang itu segera cuci tangan, mandi, keramas, apalagi kalau mau dekat-dekat ibu dan bayi," ucapnya.

Selain itu,  para ibu juga sebaiknya tetap memberikan ASI dengan asupan terbaik, sebab ASI merupakan nutrisi teriak untuk bayi hingga dia berusia dua tahun. "Selain berguna untuk tumbuh kembangnya, ASI juga berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh si kecil, karena zat antibodi yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, sistem imun si kecil lebih terjaga sejak dini, apalagi zaman Covid ini, harus deh ASI sampai dua tahun," ujar dr. Sonia.

Kualitas ASI menjadi salah satu hal penting untuk dijaga oleh para ibu agar kebutuhan gizi sang buah hati bisa tercukupi. Cara menjaga kualitas ASI adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, konsumsi makanan sehat, protein tinggi, olahraga di rumah, dan menghindari stres.

Jika ibu terserang flu atau penyakit, sebaiknya selalu menggunakan masker saat sedang dekat dengan bayi khususnya saat menyusui. "Kalau lagi main-main, kalau bisa tetap pakai masker dan sering-sering cuci tangan agar terbebas dari virus dan bakteri," tutur dr. Sonia.

Meski pun sebagian penderita Covid-19 tidak bergejala, dr. Sonia mengingatkan agar para ibu menyusui sebaiknya segera cek mandiri jika mengalami tanda-tanda, seperti demam tinggi di atas 38 derajat, batuk, tenggorokan sakit, gangguan pernapasan atau sesak napas, sakit kepala berlebihan, letih, dan lesu. "Segera periksa ke dokter untuk mengantisipasi sejak dini, tenang, dan juga bisa telemedicine dulu dari rumah kalau memang belum parah. Tapi kalau sudah parah sebaiknya segeralah ke dokter terdekat," katanya.

Jangan lupa juga untuk selalu mensterilkan benda-benda yang seringkali digunakan sesering mungkin. "Disterilkan dengan baik dan benar dengan cairan-cairan (disinfektan) yang sudah terdaftar di Depkes atau alat-alat pensteril," ucap dr. Sonia.

Sebelumnya, virus corona yang menyebabkan pandemi Covid-19 mampu menyebar dan menular dengan mudah melalui kontak langsung, seperti droplets atau percikan cairan dari saluran pernapasan seperti batuk atau bersin pada orang yang terinfeksi. Selain itu, virus ini juga menular melalui sentuhan langsung dari benda atau permukaan yang terkontaminasi virus, sehingga penting sekali untuk tetap waspada khususnya ibu-ibu yang sedang menyusi agar sang buah hati terpenuhi kebutuhan gizinya secara aman dan nyaman.[]

Baca Juga:

Dianggap Silent Killer, Waspadai Penyebab Hepatitis

Waspadai Penyebab Pusing Mendadak Saat Ingin Berdiri

Berita terkait
3 Penyakit Penyerta Covid-19 Berisiko Kematian
Terdapat tiga penyakit penyerta Covid-19 yang berisiko terjadinya kematian, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Ini penjelasannya.
Risiko Menurunkan Masker ke Dagu Selama Corona
Tak sedikit orang yang masih salah menggunakan masker seperti menurunkannya ke dagu. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko terpapar virus Corona.
Risiko Olahraga Pakai Masker di Era New Normal
Meski masker bisa meminimalisir penyebaran virus Corona atau Covid-19, alat pelindung wajah ini bisa berdampak buruk saat berolahraga.
0
Cara Aman Menyusui Bayi di Tengah Pandemi Corona
Para ibu yang tengah menyusui bayinya harus berhati-hati di tengah pandemi corona ini. Berikut cara aman menyusui di tengah pandemi covid-19