UNTUK INDONESIA
Risiko Menurunkan Masker ke Dagu Selama Corona
Tak sedikit orang yang masih salah menggunakan masker seperti menurunkannya ke dagu. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko terpapar virus Corona.
Ilustrasi Masker Kain. (Foto: Pixabay/asundermeier)

Jakarta - Masker menjadi salah satu perlengkapan yang wajib digunakan saat berada di luar rumah selama pandemi untuk meminimalisir risiko virus Corona atau Covid-19 melalui hidung dan mulut. Namun, tak sedikit orang yang masih kurang tepat dalam mengenakan masker, seperti menurunkannya ke dagu.

Ada beberapa alasan orang bisa menurunkan masker ke dagu, seperti ketika ingin makan dan minum, memudahkan untuk berkomunikasi dengan sesama, dan sebagainya. Padahal, menurunkan masker ke dagu bisa meningkatkan risiko terpapar virus Corona.

Dikutip dari New York Times, dokter spesialis anestesiologi dan dosen di Yale School of Medicine Shan Soe-Lin mengatakan masker yang telah digunakan dan diletakkan di dagu bisa meningkatkan penyebaran virus dengan dua cara. Pertama, karena tidak adanya perlindungan di area penting yaitu mulut dan hidung. 

"Ketika Anda tidak menggunakan masker dengan benar seperti diletakkan di dagu, risiko Anda untuk terinfeksi lebih besar. Terlebih jika Anda dihadapkan dengan banyak orang sehingga dengan kata lain, tidak ada gunanya menggunakan masker sejak awal," kata Shan Soe-Lin.

Apalagi bila masker yang digunakan sudah kotor atau dihinggapi kuman dan bakteri akibat beraktivitas tentu bisa meningkatkan risiko lainnya. "Dengan meletakkan masker yang kotor ke dagu, kuman dan bakteri di dalamnya pun bisa dengan mudah terhirup melalui hidung," ucap Lin.

Lin juga mengingatkan bagi setiap orang yang akan melepas masker sebaiknya dilakukan dengan cara benar dan tepat agar kesehatan tetap terjaga. 

"Bukan sekedar dilepas dan diletakkan pada area dagu melainkan dicopot dari wajah Anda dan dibuang. Apabila membutuhkannya kembali, gunakan yang baru agar lebih steril," tuturnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
3 Penyakit Penyerta Covid-19 Berisiko Kematian
Terdapat tiga penyakit penyerta Covid-19 yang berisiko terjadinya kematian, seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Ini penjelasannya.
Risiko Masker Kain Bagi Anak Usia di Bawah Dua Tahun
Masker kain ternyata tidak diperkenankan digunakan oleh anak-anak khususnya yang berusia di bawah dua tahun. Berikut penjelasannya.
Cara Menghilangkan Noda Kosmetik pada Masker Kain
Selama new normal, masyarakat harus mengenakan masker saat ke luar rumah. Lalu bagaimana jika noda kosmetik menempel di masker kain?Ini solusinya
0
Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Jumat 23 Oktober 2020
Program Belajar dari Rumah di TVRI siap menemani siswa pada Jumat 23 Oktober 2020.