Cara Alami Membuat Bibir Lembut dan Merah Merona

Setiap perempuan ingin bibirnya terasa lembut, penuh, dan tampak merah merona. Berikut cara alami yang dapat membuat itu semua jadi kenyataan.
Ilustrasi - Merawat bibir. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Setiap perempuan ingin bibirnya terasa lembut, penuh, dan tampak merah merona. Bila bibir Anda aslinya berwarna gelap atau sering pecah-pecah, tak perlu panik. Ada banyak cara mencerahkan dan memerahkan warna bibir secara alami.

Ada sejumlah pengobatan rumahan yang bisa Anda coba untuk membuat bibir lebih sehat dan tampak merah muda secara permanen. Meski begitu, beberapa cara mencerahkan bibir ini perlu dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.


1. Eksfoliasi bibir

Salah satu cara mencerahkan warna bibir menjadi merah muda, yaitu rutin melakukan eksfoliasi bibir. Metode ini ternyata bisa mengelupasi kulit bibir menjadi tampak lebih segar dan halus.

Cara melakukannya, siapkan waslap basah atau sikat gigi setelah bangun tidur, gosok kulit mati atau kering dengan lembut, dan gunakan lip balm untuk melembapkan bibir.


2. Masker kunyit

Selain wajah, masker kunyit ternyata bisa dipakai sebagai salah satu cara memerahkan warna bibir menjadi tampak lebih sehat. Hal ini dikarenakan kunyit dapat berperan sebagai inhibitor melanin yang memengaruhi warna bibir.

Cara membuatnya, campurkan 1 sdm susu dan bubuk kunyit secukupnya, aduk hingga membentuk pasta kental, basahi ujung jari dan gosokkan pasta pada bibir, biarkan selama lima menit, bilas bibir dengan air dingin hingga bersih, dan oleskan pelembap untuk melindungi bibir.


3. Scrub gula

Cara kerja scrub gula dan eksfoliasi bibir tidak begitu jauh berbeda. Meski begitu, cara memerahkan bibir ini cukup populer karena dapat mengangkat sel kulit mati secara efektif.

Cara melakukannya, campurkan 1 sdt minyak almond dan madu dengan 2 sdt gula, aduk hingga merata, dan gosokkan campuran tersebut pada bibir secara lembut.


4. Vitamin E

Sudah bukan rahasia umum lagi bila vitamin E memiliki manfaat bagi kulit, termasuk bibir Anda. Anda bisa memanfaatkan minyak vitamin E sebagai cara memerahkan bibir. Pasalnya, vitamin ini dapat membuat bibir menjadi lebih lembut dan tampak merah merona.

Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang terbukti membantu proses regenerasi sel kulit, meningkatkan sirkulasi, dan mencegah garis-garis halus.


5. Menjaga bibir tetap terhidrasi

Anda bisa menjaga bibir tetap terhidrasi dengan beberapa metode seperti, minum air putih yang cukup, menghindari menjilat, menggigit, atau mencabuti kulit bibir, dan menggunakan lip balm non-iritasi yang mengandung bahan seperti shea butter atau petrolatum.


6. Lip balm minyak peppermint

Berdasarkan dari penelitian yang dimuat dalam Microvascular Research, kandungan mentol pada peppermint dapat memerahkan bibir sementara.

Hal ini dikarenakan mentol merupakan senyawa yang dapat melebarkan pembuluh darah ketika dioleskan. Meski begitu, pemilik bibir pecah-pecah tidak dianjurkan menggunakan lip balm dengan peppermint karena dapat memicu iritasi.


7. Lip balm dengan SPF

Menggunakan lip balm dengan kandungan SPF ternyata menjadi kunci utama agar cara mencerahkan bibir berhasil. Metode ini dilakukan untuk mencegah hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, dan tanda-tanda penuaan pada kulit sekitar bibir.

Meski Anda bukan pemilik kulit sensitif, mengoleskan SPF di bibir, wajah, dan area terbuka lainnya merupakan hal yang wajib. American Academy of Dermatology merekomendasikan pemakaian lip balm non-iritasi dengan SPF 30 atau lebih dengan kandungan titanium oksida. []

Berita terkait
Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus
Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.
Cara Mengatasi Masalah Kulit Wajah Pada Pria
Sama halnya seperti kebanyakan perempuan, pria pun memiliki masalah pada kulit terutama wajah. Simak cara mengatasinya di bawah ini.
Cara Mengurangi Lemak Berlebih di Wajah
Penumpukan lemak di wajah disebabkan oleh kenaikan berat badan yang berlebihan.
0
Cara Alami Membuat Bibir Lembut dan Merah Merona
Setiap perempuan ingin bibirnya terasa lembut, penuh, dan tampak merah merona. Berikut cara alami yang dapat membuat itu semua jadi kenyataan.