Jakarta – Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian negara, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini, perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan daring untuk kebutuhan transaksi luring.
Untuk membangkitkan hal ini, dibutuhkan solusi mitigasi dan pemulihan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati penurunan dalam UMKM, yaitu dengan mengembangkan sosial media dan mendalami segala kemungkinan digital yang mungkin dapat membantu memulihkan UMKM itu sendiri. Berikut ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan.
1. Lakukan Analisis SWOT
Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) sangat penting dilakukan saat masa sulit ini. Dengan melakukan analisis SWOT, para pelaku UMKM bisa menginvestarisir mana yang jadi kekurangan atau kelemahan usaha, dan hal apa saja yang jadi kekuatan dan sumber peluang.
- Baca Juga: 3 Cara Menentukan Bisnis yang Tepat
2. Melakukan Pemasaran Digital
Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pemasaran digital untuk memudahkan UMKM memasarkan produk dan jasanya secara lebih luas.
- Baca Juga: 4 Tips Memulai Bisnis Dengan Cara yang Benar
Pelaku usaha bisa menggunakan Digital Ads atau menciptakan iklan yang berbasis digital untuk meningkatkan merek awarness dan memudahkan UMKM pada menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, pelaku usaha juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasanya.
3. Gabung dengan Komunitas
UMKM memiliki tingkat ketahanan tinggi ketika menghadapi krisis, dibandingkan usaha besar. Hal itu terjadi karena para pelaku usaha bergabung dengan komunitas kewirausahaan.
- Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kreativitas dalam Bisnis
Dengan adanya komunitas wirausahawan, para UMKM tidak hanya sebatas untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi juga saling membantu dalam mempromosikan usaha.
4. Perencanaan Anggaran
Pelaku usaha UMKM yang berhasil berdiri di tengah pandemi ini karena mengatur atau merencanakan anggaran dengan matang. Berusaha agar pengeluaran usaha tidak lebih besar dibandingkan dengan pemasukan.
5. Cek Persediaan Barang
Melakukan cek persediaan barang secara berkala menggunakan jurnal online menjadi solusi UMKM di tengah pandemi. Para pelaku usaha dapat dengan mudah mengecek ketersediaan tanpa harus membuang banyak waktu untuk dihitung secara manual.
Teknologi inovasi dan kreatifitas merupakan benang merah salam meningkatkan perekonomian para UMKM di Indonesia saat pandemi Covid-19.
(Syva Tri Ananda)