Pemerintah Kota Makassar

4 Tips Memulai Bisnis Dengan Cara yang Benar

Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kesuksesan adalah hal yang dicari setiap orang. Salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk meraihnya adalah dengan memulai bisnis sendiri. Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan anak muda. Hal ini memang tidak mengherankan, karena banyak orang yang mulai merasa lelah dan terbatas dengan hanya menjadi karyawan, sehingga pemikiran untuk membuat bisnis menjadi pilihannya.

Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Bahkan ada pemikiran yang berkata bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang bisa kok menjadi pengusaha jika kamu mau belajar dan bekerja keras. Berikut adalah beberapa prinsip bisnis untuk Anda terapkan jika ingin memulai bisnis.


1. Temukan apa yang Anda sukai

Langkah sukses memiliki bisnis sendiri adalah Anda wajib menentukan usaha yang sesuai dengan passion Anda. Memang peluang usaha yang bisa menghasilkan laba sangat penting namun sebaiknya Anda tidak asal ikut-ikutan saja. Pasalnya, usaha yang populer secara instan tidak akan bisa berkembang lebih lanjut kalau pemilik usaha tidak mampu melakukan inovasi. Jadi, sebaiknya Anda memilih usaha berdasarkan hal yang paling disukai untuk meminimalisir risiko.


2. Memiliki jaringan pertemanan yang luas

Tak hanya modal saja yang dibutuhkan dalam mengembangkan sebuah usaha. Anda membutuhkan jaringan pertemanan yang luas. Hal yang perlu diutamakan dalam membangun bisnis adalah pandai berkomunikasi. Tips memulai usaha bagi pemula adalah bisa membangun koneksi secara luas dengan orang lain baik di dunia nyata atau maya. Memanfaatkan jaringan akan membuat produk atau jasa yang Anda jual dikenal luas sehingga meningkatkan penjualan.


3. Memiliki konsep usaha yang baik

Bisnis yang Anda tekuni mungkin tidak akan berjalan lancar tanpa pihak lain. Anda memiliki kemampuan mumpuni namun tidak didukung oleh finansial yang baik tentu membuat usaha tidak akan maju. Cara terbaik agar usaha baru yang Anda rintis bisa berkembang pesat adalah mencari investor atau mitra yang mau bekerja sama.

Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi Anda harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang Anda geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat membuat investor yakin bahwa ia menaruh uangnya di tangan yang tepat.


4. Selalu mau belajar dari orang lain

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, Anda dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat, jadikan mereka tempat Anda berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga




Berita terkait
Simak! 5 Cara Mudah untuk Mengatur Keuangan Bisnis Anda
Dalam membuka bisnis tentunya kamu harus paham juga mengatur keuangan sehingga dapat menjalankan bisnis dengan baik. Berikut cara mudahnya.
Ide Bisnis Kreatif dengan Modal Kecil yang Menjanjikan
Beberapa tahun terakhir, item-item bertema rustic digandrungi oleh masyarakat. Mulai dari dekorasi, perlengkapan interior, hingga aksesorisnya.
Ide Bisnis Makanan yang Bisa Dicoba tanpa Modal Besar
Selain itu, menjual makanan juga bisa tanpa menggunakan modal besar, padahal ini cocok dijual bagi pemula bisnis kuliner.
0
4 Tips Memulai Bisnis Dengan Cara yang Benar
Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar.