3 Cara Menentukan Bisnis yang Tepat

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar bisnis berjalan mulus
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Banyak dari kita yang ingin sekali memulai bisnis baik itu secara online maupun offline. Ada beberapa pula dari kita yang mugkin sudah membuka bisnis tetapi tidak berjalan mulus. Banyak faktor yang melatarbelakangi permasalahan tersebut, salah satunya karena kita tidak memilih bisnis dengan tepat. Dibawah ini 3 cara memilih bisnis yang tepat untuk anda.


Melakukan Riset Pasar terhadap potensi bisnis yang ingin dipilih

Jika Anda benar-benar ingin memulai sebuah usaha, maka salah satu tips ini adalah hal yang harus Anda lakukan dan perhatikan, yaitu melakukan riset pasar. Mengapa harus riset pasar? Yaa, tentu saja untuk membangun bisnis yang tepat diperlukan strategi dan konsep yang matang. Anda perlu memahami kondisi pasar saat itu agar tahu langkah tepat apa yang harus dilakukan saat memulai bisnisnya. Dengan riset pasar, Anda dapat mengetahui seberapa besar peluang dari bisnis yang ingin Anda jalankan.


Tetapkan target dan tujuan

Untuk mamulai manjalankan bisnis pilihan, tatapkanlah tujuan serta target finansial yang ingin didapatkan. Jangan hanya berangan-angan, tatapi tulislah pada sacarik kertas atau pada sabuah perencanaan studi kelayakan bisnis. Dengan demikian, Anda mudah mengingatnya serta memberikan semangat untuk meraih tujuan.


Pahami potensi diri Anda

Setiap manusia, diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Mustahil sekali bukan, jika anda tidak memiliki kelebihan? Dan disinilah, anda harus paham, apa potensi yang anda miliki Misalnya, anda sudah paham bahwa potensi anda adalah membuat sebuah desain yang keren, menjual, menarik! Sampai disini sudah jelas, skill anda ada di bidang desain grafis. Maka maksimalkan potensi Anda tersebut.


Berkomitmen kuat dan mengutamakan profesionalitas

Selain keterampilan, rekan bisnis juga pastinya harus mengemban komitmen yang kuat, sehingga tiap individu yang terlibat di dalamnya bersedia mengesampingkan keakuan dan fokus memberikan 100% usahanya untuk mencapai tujuan bisnis yang telah dirancang bersama.

Sebab, bisnis merupakan usaha jangka panjang. Helga Angelina mengatakan, ketika memutuskan untuk membangun Burgreens bersama Max yang waktu itu merupakan pacarnya, mereka tetap menyepakati beberapa hal mendasar yang dituangkan ke dalam perjanjian kerjasama yang sah. []

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga





Berita terkait
Tunggu Apa Lagi? Ini 3 Bisnis Modal Kecil Untung Besar!
Pasalnya, banyak sekali bisnis modal kecil tapi menghasilkan untung besar yang bisa membuat kamu menjadi pebisnis sukses. Nah, ini jenisnya.
Dijamin Cepat Kaya! Ikuti Cara Bisnis Sukses Ala Orang China
Menjadi pebisnis sukses tentu membutuhkan kerja keras yang matang. Kamu perlu belajar dari cara bisnis sukses ala orang China yang dikenal handal.
5 Bisnis yang Bisa Dimulai dengan Modal Kecil
Banyak kaum milenial yang belum memulai bisnis karena tidak memiliki modal awal yang besar.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi