Cara Agar UMKM Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati penurunan dalam UMKM, yaitu dengan mengembangkan sosial media dan mendalami segalanya.
Ilustrasi - UMKM. (Foto: Tagar/Kemenkeu)

Jakarta – Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perekonomian negara, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Saat ini, perilaku belanja masyarakat semakin mengarah pada layanan daring untuk kebutuhan transaksi luring.

Untuk membangkitkan hal ini, dibutuhkan solusi mitigasi dan pemulihan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati penurunan dalam UMKM, yaitu dengan mengembangkan sosial media dan mendalami segala kemungkinan digital yang mungkin dapat membantu memulihkan UMKM itu sendiri. Berikut ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan.


1. Lakukan Analisis SWOT

Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT) sangat penting dilakukan saat masa sulit ini. Dengan melakukan analisis SWOT, para pelaku UMKM bisa menginvestarisir mana yang jadi kekurangan atau kelemahan usaha, dan hal apa saja yang jadi kekuatan dan sumber peluang.


2. Melakukan Pemasaran Digital

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pemasaran digital untuk memudahkan UMKM memasarkan produk dan jasanya secara lebih luas. 

Pelaku usaha bisa menggunakan Digital Ads atau menciptakan iklan yang berbasis digital untuk meningkatkan merek awarness dan memudahkan UMKM pada menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, pelaku usaha juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasanya.


3. Gabung dengan Komunitas

UMKM memiliki tingkat ketahanan tinggi ketika menghadapi krisis, dibandingkan usaha besar. Hal itu terjadi karena para pelaku usaha bergabung dengan komunitas kewirausahaan. 

Dengan adanya komunitas wirausahawan, para UMKM tidak hanya sebatas untuk meningkatkan pengetahuan, tetapi juga saling membantu dalam mempromosikan usaha.


4. Perencanaan Anggaran

Pelaku usaha UMKM yang berhasil berdiri di tengah pandemi ini karena mengatur atau merencanakan anggaran dengan matang. Berusaha agar pengeluaran usaha tidak lebih besar dibandingkan dengan pemasukan.


5. Cek Persediaan Barang

Melakukan cek persediaan barang secara berkala menggunakan jurnal online menjadi solusi UMKM di tengah pandemi. Para pelaku usaha dapat dengan mudah mengecek ketersediaan tanpa harus membuang banyak waktu untuk dihitung secara manual.

Teknologi inovasi dan kreatifitas merupakan benang merah salam meningkatkan perekonomian para UMKM di Indonesia saat pandemi Covid-19.

(Syva Tri Ananda)

Berita terkait
MenKop UKM: Sirkuit Mandalika Diyakini Bangkitkan UMKM
Menkop UKM Teten Masduki berharap dengan adanya event Internasional di Nusa Tenggara Barat (NTB) maka akan mampu menaikkan kelas UMKM lokal.
BLT UMKM Rp 1,2 Juta Akhirnya Cair, Ini Langkah-Langkahnya!
Penyaluran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM) tahap 2 akhirnya rampung.
Akselerasi Digitalisasi UMKM, Kadis Kominfo Provinsi Bali Apresiasi IDC 2021
Kadis Kominfo Provinsi Bali Gede Pramana menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Akselerasi Digitalisasi UMKM Bali.
0
Cara Agar UMKM Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19
Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati penurunan dalam UMKM, yaitu dengan mengembangkan sosial media dan mendalami segalanya.