UNTUK INDONESIA
4 Pasang Kandidat Bertarung di Pilkada Agam
Pemilihan kepala daerah Kabupaten Agam diprediksi diikuti empat pasangan calon.
KPU Tangsel Buka Pendaftaran Bacalon Wali Kota. (Foto: Tagar/Alfi)

Agam - Empat pasangan kandidat calon bupati dan wakil bupati bakal bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Agam yang akan berlangsung 9 Desember 2020. Bongkar pasang nama kian mengerucut setelah surat rekomendasi partai politik dikantongi masing-masing kontestan.

Sesuai persyaratan pencalonan, saya akan mengundurkan diri sebagai Anggota DPRD Sumbar saat pengundian nomor urut nantinya.

Empat pasang itu antara lain Andriwarman-Irwan Fikri dari koalisi Partai PAN dan Demokrat, lalu Trinda Farhan Satria-M Kasni dari koalisi Partai PKS dan Nasdem, kemudian Hariadi-Novi Endri dari koalisi Partai PPP, Golkar, PBB, Hanura dan Berkarya. Terakhir pasangan Taslim-Syafrizal yang diusung partai Gerindra.

Melalui pesan WhatsApp, Rabu, 2 September 2020, Andriwarman menyebut pihaknya bakal mendaftar ke KPU Kabupaten Agam pada Minggu, 6 September 2020 mendatang.

“Koalisi PAN dan Demokrat sudah solid dengan kekuatan 13 kursi di DPRD Agam. Sesuai persyaratan pencalonan, saya akan mengundurkan diri sebagai Anggota DPRD Sumbar saat pengundian nomor urut nantinya,” kata Andriwarman yang akrab disapa AWR itu.

M Nur Idris yang digadang-gadang bakal mengisi posisi sekretaris DPW PAN Sumbar periode 2020-2025 mendampingi kepengurusan yang diketuai Indra Datuak Rajo Lelo mengatakan, penunjukan Andriwarman-Irwan Fikri sudah berlangsung sejak lama.

“Keduanya sudah mengantongi rekomendasi DPP di awal-awal. Dari sekian kader PAN yang bertarung di Pilkada, pasangan ini paling awal mendapat restu DPP,” katanya.

Sementara itu, kepastian Trinda Farhan Satria yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Agam untuk berpasangan dengan M Kasni yang merupakan mantan personel TNI itu ditandai dengan penyerahan SK oleh pimpinan Partai Nasdem kepada masing-masing pasangan di Kota Padang, Minggu, 30 Agustus 2020.

Sebagaimana diberitakan Tagar, dengan lahirnya surat keputusan itu Ketua DPW Nasdem Sumbar Hendrajoni meminta semua calon agar berjuang esktra memenangkan Pilkada di daerah masing-masing.

“Empat kandidat lagi masih dalam proses, sembilan yang baru diserahkan. Mudah-mudahan dalam waktu sudah bisa diselesaikan," katanya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sumbar, Irsyad Syafar mengatakan untuk Pilkada Kabupaten Agam, pihaknya mengusung Trinda Farhan Satria-M Kasni berkoalisi dengan Partai Nasdem.

“Sesuai arahan DPP, kita calonkan calon yang berpotensi tinggi untuk menang. Ada yang incumbent ada juga yang tidak, karena surveinya lebih baik," ujar Irsyad kepada Tagar usai Rapat Koordinasi Nasional Pemenangan Pilkada Serentak 2020 Tim Pemenangan Pemilu (TPP) Pusat DPP PKS di Hotel Inna Muara, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Kemudian, pasangan Hariadi-Novi Endri juga sudah dipastikan akan maju dari koalisi sejumlah partai. Koalisi partai yang terdiri dari PPP, Golkar, PBB, Hanura dan Berkarya menyebutnya dengan koalisi Agam Hebat.

“Koalisi ini tidak lagi berbicara surat rekomendasi, bahkan sudah menindaklanjutinya dengan format B1-KWK untuk mendaftar ke KPU Agam. Jika tidak ada aral melintang, kami akan antarkan Hariadi-Novi Endri pada Sabtu 5 September 2020,” ujar Ketua DPD Golkar Agam, Lazuardi Erman.

Lazuardi menyebut setelah terbitnya rekomendasi dari DPP partai masing-masing, pengurus wilayah dan daerah telah cepat menggelar konsolidasi. Termasuk melibatkan seluruh fraksi dan kader partai untuk merumuskan langkah pemenangan.

“Rencananya kami akan deklarasi sebelum mendaftar ke KPU. Namun, karena dibatasi pandemi Covid19, mungkin bentuk deklarasi akan dibahas lagi,” ujar anggota DPRD Sumbar asal Agam-Bukittinggi itu.

Teranyar, munculnya nama Taslim berpasangan dengan Syafrizal cukup mengejutkan publik. Sebab Taslim yang notabene mantan anggota DPR RI 2009-2014 dari Partai PAN, kini diusung oleh pemenang Pileg 2019 di Agam yaitu Partai Gerindra.

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyebut para pasangan yang dideklarasikan Sabtu, 29 Agustus 2020 telah mendapatkan formulir B1-KWK sebagai bahan untuk mendaftar ke KPU masing-masing pada tanggal 4-6 September 2020.

“Di Kabupaten Agam, dua tokoh yang punya basis kuat, Taslim dan Syafrizal. Dua-duanya adalah kader Partai Gerindra dan siap memenangkan pertarungan,” katanya. [PEN]


Berita terkait
Corona Melonjak, Pesta Nikah di Agam Dilarang Lagi
Pemerintah Kabupaten Agam kembali melarang warga menggelar pesta pernikahan karena meningkatnya kasus corona.
Hujan Deras Picu Banjir dan Longsor di Agam
Hujan deras memicu banjir dan longsor di sejumlah titik Kabupaten Agam.
3 Siswa di Agam Positif Corona
Tiga orang pelajar di Kabupaten Agam dilaporkan positif terpapar corona.
0
5 Gangguan Kesehatan Akibat Menahan Kencing saat Berkendara
Tiba-tiba merasakan ingin buang air kecil di tengah perjalanan berkendara. Hati-hati 5 gangguan kesehatan ini.