UNTUK INDONESIA
Cak Imin Melenggang Mudah ke Kursi Ketua Umum PKB Lagi?
PKB bersiap melakukan muktamar ke 4. Rencananya muktamar yang bertajuk Melayani Ibu Pertiwi itu akan dihelat pada 20-21 Agustus 2019 di Bali.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar berpeluang kembali menjadi Ketua Umum PKB periode 2019-2024. (Foto: Instagram/@cakiminow)

Jakarta - Muhaimin Iskandar (Cak Imin) diprediksi akan kembali menjabat posisi Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Rencananya, perhelatan Muktamar ke-4 PKB dengan tajuk 'Melayani Ibu Pertiwi' akan dihelat di Hotel Westin Nusa Dua, Bali, 20-21 Agustus 2019.

Menurut Direktur Riset Populi Center Usep S. Ahyar, partai bentukan Gus Dur itu bisa saja menunjuk ketum baru, khususnya dari kalangan muda.

Mungkin bisa saja Cak Imin bisa bertahan namun internal PKB bisa lah mempertimbangkan sosok suksesor Cak Imin.

"Saya kira banyak yang punya peluang untuk memimpin PKB, mereka juga punya banyak tokoh-tokoh muda yang bisa memimpin," ujarnya kepada Tagar pada Selasa, 13 Agustus 2019.

Ada beberapa tokoh muda yang digadang mampu menggantikan Cak Imin, mereka adalah Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Menurut Usep, cepat atau lambat PKB harus mampu menemukan suksesor Cak Imin yang sudah memimpin sejak tahun 2004. Agar, partai yang dulunya identik dengan Gus Dur itu tidak menjadi kendaraan personalisasi tokoh tertentu.

Namun, Usep tidak menampik kans besar Cak Imin kembali terpilih kembali untuk periode 2019-2024.

"Mungkin bisa saja Cak Imin bisa bertahan namun internal PKB bisa lah mempertimbangkan sosok suksesor Cak Imin," ucap Usep.

Sebelumnya, Muhaimin mengungkapkan alasan penunjukkan Bali sebagai lokasi pelaksanaan Muktamar. Ia mengatakan, keputusan pemilihan tempat merupakan hasil kesepakatan internal yang sudah dibahas beberapa waktu sebelumnya.

"Pertimbangannya adalah mencari suasana lain, sekalian para pengurus dan kader PKB dapat berlibur," katanya. []

Baca juga: 

Berita terkait
PSI dan PKB Kritisi Pembagian Pin Emas Rp 1 Miliar
Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ariyo Bimmo menilai pemberian pin emas sebagai tanda terimakasih atau jasa untuk 100 anggota DPRD Jawa Barat kurang tepat.
Ijtima Ulama IV Serukan NKRI Syariah, Ini Kata PKB
Seruan Ijtima Ulama IV terkait rekomendasi NKRI syariah ditanggapi politikus PKB.
Cak Imin Calon Ketum PKB, Pengamat: Masih Jadi Dewa?
Apakah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masih menjadi dewa sehingga timbul wacana calon tunggal ketua umum PKB periode 2019-2024?
0
Jelang Pelantikan, Calon Ketua DPRD Dairi Berganti
Dua jam menjelang pelantikan anggota DPRD Dairi, tiba-tiba Sabam Sibarani menyerahkan surat DPP Partai Golkar.