UNTUK INDONESIA
Butuh Moda Udara Covid-19, Erick Siapkan Garuda Nih
Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan telah menyiapkan moda tranportasi udara, yakni pesawat Garuda Indonesia selama pandemi corona.
Menteri BUMN Erick Thohir berbicara di hadapan peserta MilenialFest 2019. (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan telah menyiapkan moda tranportasi udara, yakni pesawat Garuda Indonesia untuk mengangkut barang-barang yang dibutuhkan dalam penanganan virus corona atau Covid-19

"Kami menyiapkan pesawat Garuda sebagai kargo untuk terbang ke mancanegara bila dibutuhkan untuk mengangkut," ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin, 6 April 2020 seperti dilansir dari Antara.

Pesawat GarudaPesawat Garuda Indonesia. (Foto: airplane-pictures.net)

Ia mengatakan hal tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan dalam negeri. Karena, 90 persen bahan baku obat berasal dari luar negeri.

"Kita harus menyiapkan yang namanya health security," tuturnya.

Selama pandemi corona, ia mengungkapkan pemerintah akan bersinergi dengan semua jajaran kementerian, untuk semaksimal mungkin menjaga agar semua siap menghadapi Covid-19. 

"Kami di BUMN tidak berdiri sendiri kami sinergi dengan semua Kementerian," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan ingin menjemput bahan baku Alat Pelindung Diri (APD) dari Korea Selatan dan China. Hal tersebut untuk memastikan produksi kebutuhan tenaga medis itu terpenuhi dalam penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Pihaknya akan berkoordinasi engan industri dan Kementerian BUMN guna menjemput bahan baku APD dari negara tersebut.

"Kami lakukan langkah-langkah koordinasi dengan industri-industri, pabrik-pabrik, dan Kementerian BUMN untuk bagaimana caranya kita bisa menjemput bahan baku," kata dia. []

Berita terkait
Beri Asuransi Tenaga Medis, Erick Thohir Tuai Pujian
Lembaga Kajian dan Konsultasi Pembangunan Kesehatan (LK2PK) mengapresiasi kepedulian Menteri BUMN Erick Thohir terhadap tenaga kesehatan corona.
Dampak Covid-19, Erick: Saatnya BUMN Konsolidasi
Penyebaran virus corona Covid-19 berdampak signifikan terhadap sektor usaha, termasuk badan usaha milik negara (BUMN).
Garuda Tak Tanggung Akomodasi WNA China Terlantar
Garuda Indonesia tidak memiliki kewajiban untuk menanggung akomodasi 208 WNA asal China yang terlantar di Bandara Soekarno Hatta.
0
Jadwal Lengkap Imsak dan Buka Puasa 2020 Aceh Timur
Berikut jadwal imsakiyah lengkap Ramadan 1441 Hijriah untuk wilayah Kabupaten Aceh Timur.