Bupati Bogor Desak Pemerintah Bangun Jalur Puncak II

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, jalur Pincak II sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan jalur Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu, 28 Oktober 2020. Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, jalur wisata Puncak Bogor mulai dipadati kendaraan wisatawan, Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu jalur atau one way untuk mengurai kepadatan kendaraan. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta - Bupati Bogor Ade Yasin mendesak pemerintah membangun Jalur Puncak II sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Jalur Puncak. Karena saat ini, Sistem ganjil genap atau satu arah dikatakan hanya penanganan jangka pendek.

“Saya kira kita butuh solusi yang lain, solusi yang kami selalu gaungkan. Hari ini Bupati Cianjur Herman Suherman juga sangat ingin mendorong bahwa solusi untuk kemacetan Puncak adalah Puncak II,” katanya, dikutip Minggu, 19 September 2021.

Ade Yasin menegaskan sudah melakukan penanganan di Jalur Puncak untuk mengatasi kemacetan, yakni menganggarkan Rp5 miliar buat membuka sebagian lahan bersama TNI.


Kalau secara nasional memang angka segitu kecil, saya kira perkiraan Rp5 triliun itu termasuk jembatan-jembatan yang melalui sungai, perkiraan segitu tuntas seluruhnya.


Ade menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bogor tak sanggup mendanai pembangunan jalan sepanjang 48,7 kilometer yang diperkirakan butuh dana Rp5 triliun untuk menghubungkan Sentul Bogor dengan Istana Cipanas di Cianjur.

“Kalau secara nasional memang angka segitu kecil, saya kira perkiraan Rp5 triliun itu termasuk jembatan-jembatan yang melalui sungai, perkiraan segitu tuntas seluruhnya,” katanya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Aturan di Jalur Puncak, Bogor, Mulai 27 Oktober 2019
Pemkab Bogor, BPTJ, dan Kepolisian sepakat akan melakukan ujicoba sistem 2-1 di Jalur Puncak, mulai 27 Oktober 2019.
Malam Tahun Baru 2019 Jalur Puncak Bogor Ditutup, Ini Rute Alternatifnya
Polres Bogor mengimbau agar pengguna menyesuaikan waktu atau menggunakan jalur alternatif ke Puncak.
Jalur Puncak 2 di Cianjur Tak Layak Untuk Pemudik
Polres Cianjur, Jawa Barat tidak merekomendasikan jalur Puncak 2 sebagai perlintasan mudik Lebaran tahun ini
0
Bupati Bogor Desak Pemerintah Bangun Jalur Puncak II
Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, jalur Pincak II sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.