UNTUK INDONESIA
Buntut Kerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden City
Kerusuhan yang terjadi di Mal AEON Jakarta Garden City, Jakarta Timur, pada Selasa pagi, 25 Februari 2020, berbuntut panjang.
Kerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden City menimbulkan banyak kerusakan di bagian kaca dan pos pengaman pusat perbelanjaan tersebut. (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Jakarta - Kerusuhan yang terjadi di Mal AEON Jakarta Garden City, Jakarta Timur, pada Selasa pagi, 25 Februari 2020, berbuntut panjang. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto, mengatakan saat ini pihak penyidik kepolisian tengah mencari dalang kericuhan tersebut.

"Sekarang kita mendalami otak daripada pelaku penyerangan Mall AEON ini, sedang kita upayakan," kata Suyudi saat ditemui wartawan di Mall Aeon JGC, Selasa, 15 Februari 2020, diberitakan Antara.

Suyudi mengatakan, saat ini pihaknya sudah menahan satu orang yang diduga terlibat dalam kerusuhan tersebut. Namun begitu, perihal peran orang tersebut dalam kericuhan masih didalami aparat polisi. "Masih kita dalami. Yang jelas dia terlibat," kata dia.

Polisi juga tengah melakukan olah TKP dan mengumpulkan barang bukti serta rekaman CCTV untuk mencari pelaku penyerangan.

Pihak Polda Metro Jaya juga menurunkan berbagai satuan untuk mengamankan Mall AEON JGC antara lain Team Khusus Anti Bandit (TEKAB), Subdit Resmob, Subdit Ranmor dan Team Patra Sat Brimob Polda Metro Jaya.

Kerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden CityKerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden City menimbulkan banyak kerusakan di bagian kaca dan pos pengaman pusat perbelanjaan tersebut. (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Sementara Mal AEON Jakarta Garden City saat ini ditutup menyusul demonstrasi berujung ricuh oleh sejumlah massa yang berasal dari warga sekitaran mal. Warga melakukan protes lantaran menganggap pembangunan pusat perbelanjaan tersebut sebagai penyebab banjir di sekitar tempat tinggal mereka.

Demonstrasi sempat berlangsung ricuh lantaran petugas pengamanan mal yang kalah jumlah tidak bisa menghalau massa yang kemudian merangsek masuk ke dalam mal dan merusak sejumlah fasilitas mal.

Bahkan sempat terjadi aksi peleparan batu oleh peserta aksi yang menyebabkan sejumlah kaca jendela pecah dan beberapa pos keamanan mengalami kerusakan.

Baca juga: Banjir, Mal AEON Jakarta Garden City Diamuk Warga

Kericuhan yang dilaporkan terjadi pada pukul 9 pagi itu baru dapat diatasi saat aparat kepolisian turun ke lokasi dan melakukan pembubaran. Pihak kepolisian kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden CityKerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden City menimbulkan banyak kerusakan di bagian kaca dan pos pengaman pusat perbelanjaan tersebut. (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Hingga saat ini, sejumlah aparat gabungan TNI/Polri masih melakukan pengamanan disekitar lokasi. Terlihat aparat Brimob yang mengendarai motor berjaga di depan mal. Beberapa tenant juga memutuskan untuk memulangkan karyawan mereka karena mal yang tidak beroperasi. []

Berita terkait
Adipati Dolken Ikut Terdampak Banjir Jakarta
Bintang film Teman Tapi Menikah 2, Adipati Dolken dan Mawar De Jongh, menjadi korban kemacetan akibat banjir yang melanda kawasan Jakarta.
Link Pantauan CCTV Banjir Jakarta 2020
Berikut cara memantau sejumlah titik banjir Jakarta, melalui link akses CCTV yang terpasang di sejumlah tempat dan ruas jalan ibu kota.
Rumah Roy Marten Banjir Lagi, 4 Kali dalam 2 Bulan
Rumah Roy Marten kebanjiran lagi untuk kali keempat menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan sekitaran Jakarta pada Selasa, 25 Februari 2020.
0
India Bantah Tudingan FPI Diskriminasi Umat Muslim
Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat membantah tudingan pemerintahannya mendukung diskriminasi terhadap warga muslim di India