Bukan Hanya Lapar, Berikut Penyebab Perut Berbunyi

Perut bunyi juga bisa disebabkan oleh masuknya udara ke dalam usus dan beberapa kondisi medis yang memengaruhi sistem pencernaan.
Ilustrasi Perut Berbunyi (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Perut yang berbunyi biasanya menandakan bahwa kamu sedang butuh makanan untuk menutupi rasa lapar. Namun nyatanya, rasa lapar bukan satu-satunya alasan mengapa perutmu berbunyi.

Perut berbunyi tidak hanya karena lapar, namun bisa disebabkan oleh beragam penyebab. Namun, perut bunyi juga bisa disebabkan oleh masuknya udara ke dalam usus dan beberapa kondisi medis yang memengaruhi sistem pencernaan.

Berikut adalah sejumlah alasan perut berbunyi selain lapar.


1. Penyumbatan Usus

Usus berperan sangat penting dalam timbulnya suara di perut. Suara akibat penyumbatan usus terjadi karena cairan dan gas sulit melewati saluran pencernaan. Akibatnya, usus meningkatkan jumlah gerakan peristaltik untuk membantu lewatnya cairan dan gas tersebut, sehingga perut pun berbunyi.


2. Kadar Gula Darah Rendah

Kada gula darah rendah juga menjadi sebab perut berbunyi. Saat gula darah rendah, usus kamu tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup dari darah. Alhasil, usus mengirim rangsangan sinyal sebagai pengingat agar kamu segera makan


3. Intoleransi Makanan/Laktosa

Intoleransi Laktosa merupakan gangguan sistem pencernaan. Suara yang muncul di dalam perut karena makanan yang tidak sesuai dengan sistem pencernaan dan menimbulkan gas di dalam usus.


4. Penumpukkan Gas di Perut

Normalnya, gas selalu berada di usus dan berasal dari udara yang tertelan, atau pelepasan gas dalam saluran cerna. Hal ini biasanya diiringi dengan kembung, sendawa, dan keluarnya gas di usus. Sementara itu, gas berlebih bisa bergerak maju-mundur di usus yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti makan terlalu cepat.


5. Pergerakan Makanan di Saluran Cerna

Sebagian besar dinding saluran pencernaan terdiri dari lapisan otot. Ketika terdapat makanan, cairan, dan udara yang bergerak di dalamnya, otot dinding usus berkontraksi guna mengalirkan makanan sampai ke bagian akhir usus. Gerakan inilah yang membuat perut berbunyi, hal ini biasa terjadi setelah beberapa jam kita makan atau ketika hendak tidur.


6. Hernia

Kondisi ini ditandai dengan keluarnya bagian usus dari tubuh dan menyebabkan sembelit dan keroncongan pada perut. Selain itu, gejala lain yang muncul saat perut berbunyi biasanya disertai dengan nyeri, mual, muntah, kemerahan, dan bengkak.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
9 Jus Terbaik untuk Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan
Kesehatan perut dapat ditingkatkan melalui konsumsi jus sayur dan buah yang membersihkan, membuang racun dan menenangkan lapisan dalam perut.
Penyebab Perut Buncit Susah Hilang Biarpun Sudah Diet
Lemak di perut, selain tak enak dipandang ternyata juga berbahaya bagi organ-organ tubuh seperti jantung dan hati.
8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga dan Diet
Perut buncit juga harus diiwaspadai karena merupakan salah satu tanda yang mengarah pada masalah kegemukan atau obesitas.
0
Bukan Hanya Lapar, Berikut Penyebab Perut Berbunyi
Perut bunyi juga bisa disebabkan oleh masuknya udara ke dalam usus dan beberapa kondisi medis yang memengaruhi sistem pencernaan.