UNTUK INDONESIA
Buka Puasa dengan Es Kelapa Muda Mantap Jiwa Rembang
Dua pemuda di Rembang berhasil menciptakan varian rasa kuliner berbahan kelapa muda. Minuman ini cocok untuk teman berbuka puasa Anda.
Es kelapa muda Mantap Jiwa kreasi pemuda Rembang, cocok untuk teman berbuka puasa. (Foto: Tagar/Rendy Teguh Wibowo)

Rembang - Es kelapa muda merupakan minuman pelepas dahaga yang cocok diminum saat berbuka puasa. Minuman menyegarkan ini menjadi menu takjil yang banyak diburu di kala sore hari menjelang berbuka.

Umumnya, es kelapa muda diberi tambahan gula pasir maupun gula merah cair sebagai pemanis. Namun di tangan seorang pemuda di Rembang, es kelapa muda berhasil dikreasi menjadi ragam varian rasa kekinian. 

Kami juga ingin mengangkat buah khas daerah Rembang, yaitu buah kawis ke dalam campuran es kelapa muda ini.

Kreasi kuliner ini berangkat dari keinginan Muhamad Solahul'am Al-Ayubi membuat minuman berbahan kepala muda yang beda dari biasanya. Sebab buah khas wilayah pesisir itu selama ini hanya dibuat minuman itu-itu saja. Maka lahirlah es kelapa muda yang dinamai Mantap Jiwa. 

"Saya melihat di Rembang, daerah pesisir, banyak yang suka es kelapa muda, tapi rasanya gitu-gitu aja. Masak sih tidak bisa dibuat berbeda, lalu saya coba untuk membuat varian rasa yang kekinian yang digemari para anak muda. Ternyata rasanya enak," kata dia, Selasa, 28 April 2020.

Ada lima varian rasa yang dimunculkan dalam es kelapa muda Mantap Jiwa ini. Mulai dari rasa original tanpa ada campuran apapun, kelapa muda susu, kelapa muda susu sirup melon, kelapa muda susu sirup jeruk dan pandan, dan kelapa muda kawis.

"Kami juga ingin mengangkat buah khas daerah Rembang, yaitu buah kawis ke dalam campuran es kelapa muda ini," tuturnya.

Dari pengamatannya selama berjualan, es kelapa muda sirup kawis yang menjadi favorit para pembeli saat ini. Dalam setiap cup es kelapa muda Mantap Jiwa ia banderol dengan harga mulai dari Rp 4000. 

"Yang Rp 4000 itu untuk yang original tanpa campuran, sedangkan yang Rp 7000 itu untuk yang rasa-rasa campuran, termasuk yang rasa kawis," ujar pria yang akrab disapa Solah ini. 

Di bulan puasa seperti saat ini, ia sudah membuka preorder mulai jam 12.00 WIB. Sedangkan untuk mulai berjualan di Jalan Pemuda, tepatnya di utara Kantor Samsat Rembang, mulai pukul 16.00-18.00 WIB.

"Untuk preorder kami layani lewat Facebook, Instagram maupun pesan WhatsApp, nanti waktu berjualan bisa langsung diambil," ucap dia.

Solah menambahkan mulai merintis usaha es kelapa muda Mantap Jiwa bersama satu rekannya pada H-1 sebelum puasa. Semuanya bermula dari keisengan untuk membuat usaha kuliner beda, yang belum ada di pasaran.  

"Sebenarnya tidak ada niatan untuk membuka usaha pas waktu puasa, cuma kebetulan saja idenya muncul pas dekat-dekat puasa. Daripada nunggu lama-lama ya langsung eksekusi saja sekalian bisa untuk minuman buat buka puasa," tuturnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
Gorengan, Takjil Favorit di Tengah Pandemi Corona
Penjual takjil gorengan di Semarang optimis menyongsong Ramadan di tengah pandemi virus corona.
Segarnya Berbuka dengan Es Buto Ijo Khas Semarang
Anda warga Semarang? Silakan merasakan sensasi kesegaran es buto ijo di waktu buka puasa.
Kopi Arab Sajian Takjil Khas Masjid Layur Semarang
Kopi Arab menjadi menu takjil khas Masjid Layur Semarang yang terletak di Jalan Layur, Kelurahan Dadapsari Semarang Utara.
0
Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jaga Daya Beli Masyarakat
Jokowi meminta pemerintah daerah menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran agar daya beli masyarakat lekas pulih.