UNTUK INDONESIA
Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo Resmi Ditahan
Prasetijo Utomo resmi ditahan atas kasus penerbitan surat jalan palsu kepada Djoko Tjandra.
Brigjen Prasetijo Utomo. (Foto: id.berita.yahoo.com)

Jakarta - Brigadir Jenderal Prasetijo Utomo resmi ditahan atas kasus penerbitan surat jalan palsu kepada buron kasus pengalihan hak tagih Bank Bali, Djoko Soegiarto Tjandra. Prasetijo ditetapkan sebagai tersangka sejak Senin, 27 Juli 2020. 

Sebelumnya, Prasetijo juga dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan (Karo Korwas) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).

"Iya (ditahan) per Jumat, 31 Juli 2020, yang bersangkutan (ybs) dilakukan penahanan di Rutan Bareskrim Polri," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono di Jakarta, Jumat, 31 Juli 2020.

Iya (ditahan) per Jumat, 31 Juli 2020.

Baca juga: Profil Prasetijo Utomo, Surat Jalan Djoko Tjandra

Prasetijo dijerat pasal berlapis yakni dengan Pasal 263 ayat (1) dan (2) KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1e KUHP, Pasal 426 ayat (1) KUHP dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke-2 KUHP.

Ia diancam hukuman enam tahun penjara karena dianggap terbukti telah melakukan hal yang melampaui kewenangannya. Dari hasil penyelidikan, Prasetijo mengeluarkan surat jalan untuk Djoko Tjandra atas inisiatif sendiri, tanpa seizin pimpinan. Prasetijo bahkan diketahui sempat mendampingi saat Djoko Tjandra pergi ke Pontianak.  

Dalam kasus ini, polisi juga telah menetapkan tersangka lain yakni pengacara Djoko Tjandra Anita Kolopaking. Anita Kolopaking dijerat dengan Pasal 263 ayat (2) KUHP dan Pasal 223 KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun kurungan. 

Baca juga: Kata Polri soal Motif Prasetijo Bantu Djoko Tjandra

Pada Kamis, 30 Juli 2020, Tim Khusus Bareskrim bekerja sama dengan Polisi Diraja Malaysia berhasil menangkap Djoko Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia dan membawanya pulang ke tanah air. 

"Ini tentunya menjawab keraguan publik selama ini apa Polri bisa menangkap yang bersangkutan," kata Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. []

Infografis: Djoko Tjandra Berhasil Menembus IndonesiaJejak Djoko Tjandra di Indonesia pada tahun 2020. (Infografis: Tagar/Regita Setiawan P)

Berita terkait
Jadi Tumbal Djoko Tjandra, Prasetijo Segera Disidang
Polri segera sidang pembuat surat palsu untuk buron kasus cessie Bank Bali Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Utomo.
Polri Jawab Kemungkinan Pemecatan Prasetijo Utomo
Polri menjawab kemungkinan pemecatan terhadap jenderal polisi yang terlibat dalam skandal surat sakti buron Djoko Tjandra.
Loloskan Djoko Tjandra, Brigjen Prasetijo Dimutasi
Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Idham Azis resmi mencopot Brigjen Polisi Prasetijo Utomo lantaran memberikan surat jalan buronan Djoko Tjandra
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.