UNTUK INDONESIA
Blanded Learning Program UMK di Era New Normal
Program Blanded Learning menjadi unggulan Univeristas Muria Kudus karena di era new normal dan menerapkan new norma.
Rektor UMK, Suparnyo bersama Wakil Rektor UMK, Murtono beri penjelasan mengenai sistem pembelajaran blanded learning yang akan diterapkan pihaknya diera new normal. (Foto: Istimewa/Tagar/Nila Niswatul Khusna)

Kudus - Universitas Muria Kudus (UMK) belum lama ini menerapkan sistem perkuliahan baru untuk mendukung di era new normal. Sistem perkuliahan baru itu bernama blanded learning.

Rektor Universitas Muria Kudus MK Suparnyo mengatakan Blanded Learning ini merupakan kombinasi antara sistem pembelajaran daring dengan offline. Hanya saja, intensitasnya tidak dibuat sama rata.

Minoritas kami lakukan dengan tatap muka atau offline. Mayoritas tetap kami lakukan dengan daring.

"Kita sudah mengambil kesepakatan rapat senat, untuk akademik berikutnya akan menggunakan Blended Learning. Jadi ini sudah kami persiapkan," ujarnya dalam kegiatan Konferensi Pers di ruang Rektorat UMK, Kamis, 9 Juli 2020.

Untuk sistem pembelajaran dengan offline masih dilakukan dengan intensitas sedikit. Sementara sebagian besar sistem pembelajarannya tetap dilakukan secara daring. Sebagaimana kebijakan sistem pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

"Minoritas kami lakukan dengan tatap muka atau offline. Mayoritas tetap kami lakukan dengan daring," tutur Murtono, Wakil Rektor I UMK yang duduk mendampingi Suparnyo.

Pihaknya menegaskan, sistem pembelajaran offline tetap dipilih pihaknya. Sebab sebagian masyarakat masih berasumsi bahwa yang namanya perkuliahan itu dilakukan dengan tatap muka.

"Makanya kita tetap lakukan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol Covid-19. Sekali lagi dalam jumlah kecil dan teknisnya akan kami atur secara rijit," tegas dia.

Menurut Murtono, mahasiswa UMK saat ini mencapai 10 ribu lebih. Dengan begitu, penerapan sistem blanded learning ini membutuhkan perhitungan dan pengaturan sistem yang matang. Dari kapasitas ruangan hingga jumlah mahasiswa yang masuk kuliah akan diatur sedemikian rupa oleh pihaknya.

Untuk daring, Murtono mengatakan hal tersebut bisa dilakukan secara bervariatif. Sebab, pihaknya telah membekali dosen UMK dengan studio rekaman untuk rekaman atupun live streaming.

"Setiap prodi sudah kami siapkan studio," kata dia.

Selain memanfaatkan fasilitas daring di studio, para dosen juga bisa menggunakan aplikasi zoom untuk ujian skripsi maupun tesis. Hal senada juga bisa dilakukan untuk proses perkuliahan.

"Kemarin sudah kami lakukan simulasi selama empat bulan dan berjalan dengan baik. Kami harap dalam tahun akademik baru nanti bisa berjalan dengan lancar," ebutnya

Saat ini, lanjut dia, UMK masih memasuki tahap pendaftaran mahasiswa baru gelombang ketiga. Pendaftaran ini akan berakhir pada tanggal 30 Agustus 2020. Sementara perkuliahan baru aktif kembali pada bulan September mendatang. []

Berita terkait
Ratusan Santri Kudus Sakit, tapi Bukan Karena Corona
Hasil pengecekan kesehatan terhadap santri di Kudus menunjukkan gejala sakit. Tapi penyebabnya bukan karena virus corona.
Pernikahan Dini di Kudus Meningkat Jelang New Normal
Pihak perempuan banyak yang sudah hamil duluan. Hal ini yang menjadi penyebab permohonan dispensasi menikah di Kudus meningkat jelang new normal.
Tutup Alfamart Panjang, Bupati Kudus Ungkap Kronologi
Plt Bupati Kudus Hartopo mengungkap kronologi penutupan Alfamart Panjang. Ternyata Hartopo sering menemukan pelanggaran di toko modern itu.
0
Dua Polisi di Toraja Dipecat Tidak Hormat, Ini Kasusnya
Dua anggota Polri yang bertugas di Polres Tana Toraja, Polda Sulsel, di pecat tidak dengan hormat atau PTDH. Ini kasusnya.