Bisnis Gamelan Jadi Dugaan Motif Pembunuhan Sadis di Rembang

Kepolisian menduga bahwa pelaku yang membunuh 4 anggota keluarga di rembang menggunakan didasari dendam bisnis gamelan.
Lokasi kejadian pembantaian keluarga dalang di Rembang. (Tagar/Istimewa)

Jakarta - Polisi berhasil mengungkap kasus pembunuhan empat orang dalam satu keluarga di Rembang. Pembunuhan sadis keluarga dalang Ki Anom Subekti itu ternyata dilakukan secara tunggal oleh S, 43 tahun.

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi mengatakan Sumani ditetap sebagai tersangka tunggal pembunuhan berencana disertai pencurian dengan pemberatan yang menewaskan empat orang sekeluarga di Padepokan Seni Ongko Joyo Rembang.

Lutthfi menjelaskan bawha saat ini tersangka sedang menjalani perawatan di rumah sakit, oleh sebab itu tim penyidik belum bisa menemukan motif pembunuhan yang dilakukan oleh S.

Ada penawaran terkait dengan gamelan, dan korban telah menerima uang sekitar Rp 15 juta sebelum dibunuh, jadi dugaan motif dasar sementara adalah transaksi gamelan itu. Selain itu ada juga dugaan dendam pelaku kepada korban,

Namun pihak polisi menduga transaksi gamelan yang dilakukan oleh korban Ki Anom Subekti menjadi motif aksi sadis S. Sehari sebelum kejadian, tepatnya pada Rabu, 3 Februari lalu, korban Ki Anom Subekti melakukan transaksi gamelan dan menerima sebagian uang pembelian sebesar Rp 15 juta.

Dari transaksi itu muncul dugaan motif yang mendasari pelaku untuk merenggut nyawa para korban. "Ada penawaran terkait dengan gamelan, dan korban telah menerima uang sekitar Rp 15 juta sebelum dibunuh, jadi dugaan motif dasar sementara adalah transaksi gamelan itu. Selain itu ada juga dugaan dendam pelaku kepada korban," kata Luthfi.

Sedangkan dari Dari hasil rekaman CCTV dan keterangan saksi, pada hari Rabu malam, 3 Februari 2021 atau malam pembunuhan, Sumani diketahui bertamu ke Padepokan Seni Ongko Joyo. "Tersangka datang ke rumah korban dengan dalih untuk membeli gamelan, antara korban dan pelaku saling kenal," jelas Kapolda.

Saat ini, tersangka Sumani masih dalam perawatan tim dokter RSUD dr Soetrasno Rembang. Hasil pemeriksaan kesehatan menguatkan upaya bunuh diri. []

Baca juga:

Berita terkait
Polres Rembang Beri Tali Asih ke Keluarga Korban Pembunuhan
Polres Rembang memberikan tali asih ke keluarga dalang Ki Anom Sumebekti. Ki Anom dan 3 keluarga dibunuh secara sadis oleh Sumani, warga Sulang.
Pembunuhan Keluarga Dalang Rembang, Polisi: Pelaku Tunggal
Pembunuhan satu keluarga dalang Ki Anom Subekti di Rembang terungkap. Polisi meringkus pelaku tunggal pembunuhan tersebut.
Hindari Pejalan Kaki, Truk Terguling ke Sawah di Rembang
Truk pengangkut pasir silika terperosok dan terguling di areal sawah di Rembang. Penyebabnya menghindari menabrak pejalan kaki yang menyeberang.
0
16 Pesawat Militer China Menyusup ke Wilayah Udara Malaysia
Pemerintah Malaysia akan mengeluarkan protes diplomatik terhadap "penyusupan"16 pesawat militer China ke wilayah udaranya