UNTUK INDONESIA
Berjalan di Atas Sungai ala Kampung Pulobaru Cirebon
Sensasi berjalan di atas sungai akan terasa ketika memasuki Kampung Pulobaru RT 3 RW 6, Kelurahan Pulasaren, Pekalipan, Cirebon.
Aspal jalan di Kampung Pulobaru, Cirebon dicat dengan lukisan 3D bergambar aliran sungai. (Foto : Tagar/Charles)

Cirebon - Selalu ada saja kreativitas masyarakat untuk menyulap kampungnya menjadi lebih menarik. Di Kampung Pulobaru RT 3 RW 6 Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat ada sensasi unik yang tidak didapatkan perkampungan lain. 

Di kampung ini, jalanan aspal yang membelah permukiman warga dilukis sedemikian rupa. Lukisan tiga dimensi atau 3D membuat siapapun yang datang seolah berjalan di atas sungai.  

Jalanan kampung sepanjang 150 meter itu didesain mirip aliran air sungai yang penuh biota air. Ada ikan, udang bahkan mermaid atau putri duyung. Kanan kiri jalan dilukis tebing yang makin mengesankan pemandangan sungai. 

Kreasi warga kampung bakal memantik mereka yang hobi foto untuk mengabadikan pemandangan tak biasa ini. Pasti, berswafoto ria dengan latar belakang aliran sungai penuh ikan bakal menjadi momen ceria para remaja milenial.

Anak-anak senang bermain-main dengan lukisan ini. Karena mereka merasa berada di atas sungai.

Ternyata, tak hanya warga luar yang dipastikan bengong kagum melihat suguhan lukisan 3D Kampung Pulobaru. Anak-anak kampung setempat, yang notabene tiap hari berjalan di atas 'sungai', tak bosan untuk wara wiri di jalanan kampung  

"Anak-anak senang bermain-main dengan lukisan ini. Karena mereka merasa berada di atas sungai. Jadi kalau jalan ya sangat hati-hati," kata Evi Maghfiroh, Jumat, 13 Desember 2019. 

Evi menuturkan keindahan kampung yang tersaji saat ini berawal ketika kaum pria, bapak dan para pemuda, tengah iseng kumpul. Dari nongkrong, ngobrol sembari minum kopi, tercetus ide untuk membuat lukisan 3D di sepanjang jalan di gang kampung.

Maka dimulai lah ide kreatif itu bulan Juli lalu. Untuk kebutuhan kuas dan cat didapat dari hasil iuran warga. Mereka hanya berbekal kemampuan seadanya dan belajar secara otodidak dalam melukis. 

"Kami membuatnya dari hasil swadaya masyarakat dan mereka sangat setuju dengan ide ini," tuturnya

Evi melanjutkan, dipilihnya lukisan aliran sungai penuh ikan karena pemukiman tersebut dulunya bernama Segara Rampak dengan sebuah kolam bernama Balong Panjunan. Ketika musim kemarau, banyak ikan yang terlihat sehingga para warga mengambilnya.

"Lama-kelamaan akhirnya tempat ini berubah menjadi perkampungan dan bernama Pulobaru. Dari filosofi itu makanya dipilih gambar sungai dan ikan," jelasnya.

Dengan adanya mural 3D di kampungnya, Evi dan warga Pulobaru berharap ada pihak lain yang bersedia membantu mempercantik wajah kampung. Seperti menambah mural grafitti di tembok, atau menambahkan hiasan lain. 

Sehingga nantinya Kampung Pulobaru bisa menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat, khususnya anak-anak untuk bermain, sekaligus menjadi alternatif wisata

"Sekarang kami masih terus dalam tahap pengecatan, setiap malam," ujar dia. []

Baca juga: 

Berita terkait
Dunia Kereta Api Dikenalkan ke Anak-anak Cirebon
PT KAI Daop 3 Cirebon mengajak 300 anak kurang mampu Cirebon bersenang-senang dalam Edu Train.
Asyik, 2020 BRT Mengaspal di Kota Cirebon
Kota Cirebon bakal segera memiliki angkutan massal representatif, BRT. Akan mengaspal pada 2020.
Viral Cantiknya Bekas Galian C Argayusa Cirebon
Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat menyimpan potensi wisata yang unik dan menarik. Yakni spot foto di lahan bekas galian C.
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.