Manfaat Minum Rebusan Serai Dicampur Air Lemon Tiap Malam

Minum rebusan daun serai dan air lemon hangat pada malam hari memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan berat badan dan mencegah stres.
Ilusrasi - Minuman rebusan air serai dan lemon. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Minum rebusan daun serai dan air lemon hangat pada malam hari memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, pasalnya minuman ini telah digunakan sejak lama sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Serai memiliki beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, C, B1, B5, B2, B3, B6 dan beberapa mineral seperti zat besi, seng, kalsium, kalium, magnesium, mangan, tembaga, fosfor dan lainnya.

Sementara itu, air lemon mengandung synephrine, asam sitrat, asam amino, kadinen, lisin, fosfor, kalsium, zat besi, dan belerang. Juga mengandung glikosida, asam sitrun, limonen, kamfer, vitamin B1, protein dan sebagainya.

Berdasarkan sejumlah sumber berikut manfaat minum air rebusan daun serai dan air lemon.


  • Menurunkan Berat Badan

Dua campuran ini memiliki manfaat detoksifikasi yang dapat mengeluarkan toksin dan lemak jahat yang menumpuk. Biasanya saat bekerja, kita akan sering buang air besar dan air kecil. Oleh karena itu, saat setelah meminumnya jangan heran.


  • Mencegah Stres dan Insomnia

Untuk Anda yang sering stress atau susah tidur pada malam hari, minuman ini saat cocok untuk Anda konsumsi menjelang tidur. Ramuan ini memang bisa menenangkan jaringan syaraf dan otot, sehingga akan membuat tubuh rileks dan mudah terlelap.

Nah, itulah dua manfaat yang diberikan minuman ini, sedikit tetapi sangat bermafaat dikala membutuhkannya, seperti susah tidur, dan ingin menurunkan berat bada.

Lalu pertanyaanya bagaimana cara membuat minuman tradisional ini? Pertama-pertama, Anda harus menyediakan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang perlu Anda sediakan adalah, satu batang sereh, buah lemon, gula pasir secukupnya, kemudian air panas secukupnya.

Kemudian, cuci bersih lemon dan sereh, potong menjadi dua bagian lalu geprek sereh masukkan ke dalam gelas, peras jeruk lemon dan air perasan jeruk lemon dimasukkan di gelas yang sama dengan sereh, selanjutnya masukkan air panas yang mendidih ke dalam gelas dan beri gula sesuai selera. []

Berita terkait
Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Lemon untuk Kecantikan
Lemon tidak hanya menjadi sumber manfaat, tetapi menggunakan lemon di wajah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit daripada kebaikan.
Khasiat Lemon untuk Kesehatan Jantung dan Pencernaan
Lemon memiliki beberapa khasiat baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan pencernaan. Berikut Tagar ulas.
Lemon dan Empat Makanan Sehat Pelancar Buang Air Besar
Susah buang air besar (BAB) kerap menjadi permasalahan bagi setiap orang.
0
Manfaat Minum Rebusan Serai Dicampur Air Lemon Tiap Malam
Minum rebusan daun serai dan air lemon hangat pada malam hari memiliki manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan berat badan dan mencegah stres.