UNTUK INDONESIA
Bekas Anggota Polri Jadi Otak Pencurian di Padang
Seorang pria pecatan Polri diringkus polisi karena melakukan pencurian di Kota Padang.
Ilustrasi borgol (pixabay.com)

Padang - Polisi menangkap seorang pecatan Polri berinisial DG, 36 tahun, yang diduga terlibat dalam aksi pencurian dengan pemberatan (curat) yang terjadi di salah satu Sekolah Dasar (SD) kawasan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat.

Dia (DG) juga merupakan seorang pecatan (mantan) anggota Polri. Dia sudah berulang kali keluar masuk penjara.

Selain DG, polisi juga membekuk seorang remaja berinisial DA, 19 tahun, pada Rabu 20 Mei malam. Mereka ditangkap di kawasan Jati, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Kasat Reserse Kriminal Polresta Padang Kompol Rico Fernanda membenarkan ihwal penangkapan kedua orang tersebut. Menurutnya, DG merupakan seorang residivis kasus pencurian dan otak dalam aksi pencurian tersebut.

"Dia (DG) juga merupakan seorang pecatan (mantan) anggota Polri. Dia sudah berulang kali keluar masuk penjara," kata Kompol Rico Fernanda saat dihubungi Tagar melalui sambungan seluler, Jumat, 22 Mei 2020.

Rico menjelaskan, mereka ditangkap berdasarkan laporan polisi nomor LP/202/B/IV/2020/SPKT Unit III Polresta Padang tanggal 6 April 2020. Hasil penyelidikan polisi mengarah ke nama para pelaku. Saat ditangkap, kedua orang itu tidak melakukan perlawanan.

"Pelaku mengambil sejumlah barang berharga di sekolah itu dengan cara mengupak ruangan bersama rekannya. Dari pengakuannya beraksi pada pagi hari," katanya.

Dari hasil penyelidikan polisi, dalam pengungkapan kasus tersebut, DG juga ikut mengajak satu pelaku lainnya berinisial RPH, 25 tahun. RPH sudah terlebih dahulu ditahan di sel tahanan Mapolsek Padang Timur dalam kasus yang sama.

"Total pelaku ada bertiga, RPH diketahui ikut melakukan aksi (pencurian) dari pengakuan kedua orang yang kami tangkap. RPH dilaporkan di Polsek Padang Timur," tuturnya.

Dari para pelaku, polisi ikut menyita barang bukti (BB) berupa satu unit sepeda motor merek Honda Vario 150 warna silver BA 2294 BS, satu unit speaker aktif merek Fleco, dua stel baju dan satu celana.

Saat ini, para pelaku telah meringkuk di sel tahanan Mapolresta Padang dan Polsek Padang Timur untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. []


Berita terkait
Buron Pencuri Kabel Pabrik Semen Padang Diringkus
Seorang buronan pencuri kabel milik PT Semen Padang diringkus polisi.
Rentetan Kejahatan Napi Asimilasi Covid-19 di Padang
Sebanyak delapan narapidana asimilasi yang kembali ditangkap oleh jajaran Polresta Padang dalam berbagai kasus sepanjang April hingga Mei 2020.
Napi Asimilasi Padang Tantang Polisi Lewat Facebook
Polisi Padang meringkus TAN, 20 tahun, narapidana asimilasi Covid-19 Kamis, 14 Mei 2020 malam usai menantang polisi di status Facebook miliknya.
0
Klaim Hacker yang Bobol Jutaan Data KPU
Seorang hacker atau peretas mengklaim telah membobol 2,3 juta data warga Indonesia dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).