Beda Antara Trading dan Nabung Saham, Cek di Sini Guys

Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan yang bisa digunakan sebagai investasi menjanjikan untuk tabungan masa depan.
Ilustrasi Nabung Saham (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan yang bisa digunakan sebagai investasi menjanjikan untuk tabungan masa depan. Terdapat dua cara dalam dunia saham yang dikenal oleh investor, yaitu nabung dan trading saham.

Banyak orang gagal memahami perbedaan antara keduanya, sehingga banyak yang takut dengan investasi saham. 

Menabung atau trading saham bukankah sama-sama membeli saham kemudian menjualnya di harga lebih tinggi sehingga mendapatkan profit. Walaupun terbilang mirip tetapi keduanya memiliki perbedaannya.

Untuk memudahkan memahaminya, mari kita pelajari.


Pengertian

Menabung saham merupakan model investasi dengan cara membeli saham secara rutin dan siap dijual dengan harga yang menguntungkan. Sedangkan, trading yakni kegiatan jual beli saham dengan waktu lebih singkat dan keuntungannya diperoleh dari menjual saham saat harganya lebih tinggi dan dilakukan terus menerus.


Cara Investasi

Kedua investasi ini memiliki beda cara, jika menabung saham, maka yang harus dilakukan adalah membuka rekening efek terlebih dahulu. Baru kemudian bisa memilih saham yang akan dimiliki dan melakukan investasi secara rutin dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Seiring berjalannya waktu, saham yang kalian beli menjadi banyak dan kalian memperoleh keuntungan dari nilai saham yang semakin lama semakin naik.

Sedangkan trading saham dilakukan dengan cara layaknya dalam dunia perdagangan, yakni seorang trader membeli saham melalui bursa efek, pun bisa langsung menjual dalam beberapa menit hingga beberapa jam saja untuk mendapatkan keuntungan dari selisih nilai saham yang bisa berubah setiap waktu.

Satu hal yang mendasari dari beda antara keduanya adalah jangka waktu. Menabung saham diperlukan jangka waktu yang panjang, sedangkan trading saham justru memanfaatkan cash flow jangka pendek dengan harga yang menguntungkan.


Kualitas Saham

Dalam menabung saham, investor pasti lebih memilih saham dari perusahaan berfundamental kuat dan stabil serta manajemen yang baik tanpa terganggu oleh tren pasar. 

Sedangkan trading saham akan lebih memilih saham lapis tiga yang tidak memiliki fundamental kuat dan harganya bisa naik tinggi, namun bisa juga turun drastis dalam waktu yang singkat. Sehingga trading akan mengandalkan analisa cepat dalam menentukan saham yang mau dibeli.

Dalam menabung saham perlu sabar untuk mendapatkan nilai saham besar, sama halnya dengan trading, harus bersabar untuk perlahan mengumpulkan keuntungan dari hasil jual beli saham karena keuntungannya tidak sebesar investasi saham yang harus ditunggu hingga bertahun-tahun.

Demikian penguraian perbedaan antara trading dengan nabung saham, memang keduanya memiliki kemiripan tapi cara kerjanya berbeda, semoga menambah wawasan tentang bisnis kalian.[]


(Ahmad Asfa)

Baca Juga:

Berita terkait
Withdraw Cuan Saham atau Gulung Modal? Begini Kata Vier Abdul Jamal
Kita harus tahu bahwa tujuan pertama kita masuk di market untuk trading hanyak satu, yakni profit.
Cara Trading Saham ala Vier, Withdraw atau Gulung Profit?
Hal itu diungkapkan Vier Abdul Jamal dalam Channel YouTube resminya yang berjudul Teknik Trader Saham ala Vier, Withdraw atau Gulung Profit?
Tips 'Bakar Jembatan' ala Legenda Saham Vier Abdul Jamal
Vier juga mengatakan dirinya sangat nyaman dengan apa yang dijalani saat ini lantaran tak memiliki bos. Bos itu, tegas dia adalah dirinya sendiri.
0
Beda Antara Trading dan Nabung Saham, Cek di Sini Guys
Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan yang bisa digunakan sebagai investasi menjanjikan untuk tabungan masa depan.