UNTUK INDONESIA
Baru Bebas, 2 Curanmor di Surabaya Kumat
Kedua tersangka sebelumnya merupakan narapidana di Lapas Lamongan dan Trenggalek, Jawa Timur usai mendapatkan asimilasi.
Pelaku curanmor di Surabaya yang ditangkap Polsek Tegalsari. (Foto: Polsek Tegalsari/Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Dua pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) kembali beraksi usai bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lamongan dan Trenggalek. Dua curanmor yakni Iwan Mashud, 32 tahun, dan Giyanto, 37 tahun, kembali berurusan hukum setelah mencuri motor di Jalan Kupang Panjaan, Surabaya.

Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Tegalsari, Inspektur Satu Made Sutanya membenarkan pihaknya menangkap dua orang residivis curanmor. Sebelumnya, keduanya pernah menjalani hukuman di Lapas Lamongan dan Trenggalek dengan kasus yang sama.

Saat mereka beraksi enggak sadar kalau ada CCTV milik warga.

"Keduanya baru bebas pada Agustus kemarin mendapatkan asimilasi. Kemudian melakukan kejahatan kembali," ujarnya kepada Tagar saat dihubungi melalui telepon, Minggu, 6 September 2020.

Made mengungkapkan keduanya ditangkap setelah teremkam CCTV saat beraksi mencuri motor warga di Jalan Kupang Panjaan, Surabaya. Made mengaku keduanya ditangkap saat berada di rumahnya.

"Saat mereka beraksi enggak sadar kalau ada CCTV milik warga. Setelah kami lakukan penyelidikan, kami langsung melakukan penangkapan di rumah mereka masing-masing," tuturnya.

Made mengungkapkan, keduanya tidak hanya beraksi di wilayah hukumnya. Tetapi sudah beberapa kali melakukan pencurian di beberapa tempat.

"Dia beraksi tidak hanya di Tegalsari, tapi juga di Tandes," kata dia.

Atas perbuatannya, dua tersangka tersebut terancam Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.[]

Berita terkait
112 Surabaya Terima 704 Telepon Iseng Dalam 6 Hari
BPB Linmas Surabaya mencontohkan laporan palsu kebakaran di Jalan Jetis Kulon Surabaya. Pelaku pun sudah ditangkap Polrestabes Surabaya.
Serang Polisi, Nyawa Bandar Sabu Surabaya Melayang
Polrestabes Surabaya mengungkapkan peredaran narkoba di sebuah apartemen yang digunakan untuk menyimpan barang haram.
Kronologi Kebakaran Tewaskan 1 Keluarga di Surabaya
Polrestabes Surabaya masih menunggu hasil olah TKP yang dilakukan oleh Tim laboraorium forensik Polda Jatim.
0
Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta Dapat 5 Medali
Mewakili Yogyakarta, Tim Olimpiade SMA Kesatuan Bangsa sukses membawa pulang lima medali di ajang Kompetisi Sains Nasional tahun 2020.