Jakarta - Barcelona menurunkan skuat terbaik di pertandingan kandang. Ini yang menjadikan bursa sangat mengunggulkan Barca saat menghadapi Manchester United di laga kedua perempat final Liga Champions di Stadion Nou Camp, Selasa atau Rabu, 17 April 2019 dinihari WIB. 

Tak hanya bursa, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer pun mengakui Barca lebih difavoritkan. Bagaimana tidak, sejumlah pemain pilar Blaugrana dalam kondisi bugar karena tidak dimainkan di pertandingan La Liga Spanyol. Rotasi pemain yang dilakukan pelatih Ernesto Valverde menjadikan Lionel Messi, Luis Suarez dan bek Gerard Pique dalam kondisi fit saat menghadapi MU. 

"Dengan waktu enam hari di antara dua pertandingan, saya tahu apa yang harus dilakukan. Hasil bagus seperti saat kami menang 2-0 atas Atletico Madrid (dengan merotasi pemain) membuat kami tahu apa yang harus dilakukan," kata Valverde. 

"Messi dalam kondisi fit setelah mendapat hantaman telak di wajahnya. Tak ada masalah dengan kondisinya untuk pertandingan ini," ujarnya lagi.  

Modal Barca juga sangat bagus di pertandingan ini. Kemenangan 1-0 sesungguhnya sudah mengantarkan separuh perjalanan mereka menuju semifinal. Pasalnya, hasil imbang di laga kedua ini sudah bisa menyingkirkan MU. 

Tak hanya itu, Barca pun tak terkalahkan di 30 pertandingan home di Liga Champions. Dari 30 duel itu, mereka menang 27 kali dan imbang tiga kali. Barca juga tak pernah kebobolan lebih dari satu gol di 30 pertandingan ini. Kekalahan terakhir dialami saat mereka dihajar Bayern Munich 0-3 di semifinal Liga Champions 2013. 

Ini tentu menjadi tugas tak mudah bagi striker MU Romelu Lukaku bersama Marcus Rashford dan Anthony Martial bila ingin membobol gawang Barca. Apalagi, kiper tuan rumah Marc-Andre ter Stegen pun tengah on fire.

Bagaimana dengan MU? Tim asuhan Solskjaer ini tampaknya masih sulit menyaingi Barca. Mereka hanya mengandalkan fighting spirit seperti saat menyingkirkan Paris Saint Germain di babak 16 Besar. Berhadapan dengan PSG, mereka kalah 0-2 di Old Trafford dan kemudian berbalik menang 3-1 di Paris. 

Barangkali MU berpikir hanya kalah satu gol sehingga peluang untuk mencetak minimal dua gol masih mungkin dilakukan di kandang Barca. Persoalannya, The Red Devils berhadapan dengan raksasa La Liga yang sudah rutin memenangi Liga Champions

Solskjaer menyadari bila dari segi teknik individu, pemain MU sudah pasti kalah. Dirinya pun mengandalkan kecepatan Rashford dan Martial. Sedangkan Lukaku siap beradu fisik dengan pemain belakang Blaugrana yang digalang Pique. 

Ya, kecepatan dan adu fisik akan menjadi senjata MU. Solskjaer mengatakan pemainnya rata-rata lebih tinggi postur tubuhnya dan lebih besar. Dan, itu yang akan dimaksimalkan untuk meredam penguasaan bola pemain Barca. 

Meski demikian, Barca masih sangat diunggulkan untuk menang. Bahkan di bursa, MU di-voor 1 1/2. Tampaknya bursa memprediksi Barca akan menang besar. Paling tidak, tuan rumah bisa menang 2-0. []

Bursa

Barcelona vs Manchester United 0:1 1/2 (tips Manchester United) 

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen-Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, Coutinho; Messi, Suarez, Dembele

Manchester United (4-3-3): De Gea-Dalot, Lindelof, Smalling, Young; McTominay, Matic, Pogba; Rashford, Lukaku, Martial

Baca juga:
Barcelona vs Man United, Memori di Paris

Barcelona vs Man United, Pemanasan Ala Valverde

Barcelona Tak Ingin Bernasib Sial Seperti PSG

VAR Menangkan Barcelona, MU Belum Menyerah