Barcelona Secara Bertahap Berubah Jadi Anak Perusahaan City

Masalah keuangan Barcelona, klub raksasa Spanyol, telah membuat klub menjajaki pasar untuk mencari agen gratis untuk transfer pemain
Joan Laporta dan Sergio Aguero (Foto: marca.com/EFE)

Oleh: Panos Kostopoulos

Masalah keuangan Barcelona, klub raksasa Spanyol, telah membuat klub menjajaki pasar untuk mencari agen gratis. Barca mendapatkan Sergio Aguero dan Eric Garcia yang bergabung dengan status bebas transfer dari Manchester City, sementara Aymeric Laporte juga menarik minat dari pihak Catalan.

Mantan bek tengah Athletic Club itu secara resmi telah menerima kewarganegaraan Spanyol dan dipanggil oleh Luis Enrique untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Eropa 2020 bersama Spanyol, meskipun sebelumnya pernah bermain untuk tim muda Prancis.

1. Tertinggal dalam Urutan Kekuasaan Guardiola

Laporte bergabung dengan Manchester City pada Januari 2018 setelah Sky Blues memicu klausul pembeliannya untuk menariknya keluar dari Athletic Club.

Dalam musim penuh pertama di bawah Pep Guardiola, dia membuktikan dirinya menjadi tim inti dan tampil dalam 51 pertandingan di semua kompetisi.

konfres laportaKonferensi pers pertama Joan Laporta sebagai Presiden Barcelona, 28 Mei 2021 (Foto: marca.com/EFE)

Namun, cedera lutut menghalanginya untuk membuat dampak pada 2019/2020 dan setelah kedatangan Ruben Dias musim panas lalu, Laporte menjadi bek tengah pilihan ketiga di belakang bek Portugal dan John Stones, saat Manchester City melaju ke Premier League. Sukses liga musim lalu.

2. Target Transfer Lain dari Manchester City

Hubungan antara Barcelona dan Manchester City tampaknya telah membaik setelah kembalinya Joan Laporta ke kursi kepresidenan Blaugrana.

Padahal, Barcelona sudah meminta izin kepada City untuk menghadirkan Aguero dan Garcia pekan lalu, meski keduanya resmi dikontrak juara Liga Inggris itu hingga akhir Juni 2021.

Tim Catalan sebelumnya telah berusaha untuk mengontrak Garcia pada musim panas lalu dan Januari 2021, karena kontraknya akan berakhir pada Juni 2021, tetapi tidak ada kesepakatan yang dicapai dengan Sky Blues.

Sementara itu, setelah berpisah dengan Luis Suarez pada bulan September, Barcelona memperdebatkan musim 2020/2021 dengan hanya satu striker alami dalam skuad, Martin Braithwaite.

Messi dan GuardiolaManchester City proaktif mendatangkan bintang Barcelona Lionel Messi (kiri). Demi merekrut Messi, Man City mengajukan Rp 1,7 triliun ditambah 3 pemain. Messi sendiri ingin kembali bersatu dengan eks pelatihnya, Pep Guardiola (kanan) yang saat ini menangani Man City. (Foto: thesun.co.uk)

Oleh karena itu, klub memutuskan untuk mendatangkan Aguero, yang kontraknya dengan Manchester City juga berlaku hingga akhir Juni 2021 dan yang sekarang akan bergabung dengan rekan setimnya di Argentina dan teman dekatnya Lionel Messi di Blaugrana.

Perjuangan Barcelona di pertahanan musim lalu bisa membuat klub mencari bek tengah lain untuk lebih memperkuat pertahanan mereka menjelang musim depan.

Ronald Koeman saat ini memiliki pemain-pemain seperti Gerard Pique, Clement Lenglet, Samuel Umtiti, Ronald Araujo, Oscar Mingueza dan Garcia, tetapi potensi kepergian bek tengah musim panas ini belum dikesampingkan (Marca English – marca.com). []

Berita terkait
Barcelona Baru Restrukturisasi Skuad Menunggu Lionel Messi
Pekerjaan besar telah dimulai Joan Laporta untuk merestrukturisasi skuad Barcelona, tapi beberapa posisi jadi masalah bagi skuad baru
Aguero Tidak Akan Dorong Messi Untuk Bertahan di Barcelona
Aguero yang sudah teken kontrak dengan Barcelona mengatakan tidak akan mendorong Messi untuk bertahan di Barcelona
Tawaran Kontrak Baru Barcelona Kepada Lionel Messi
Dikabarkan klub masih menunggu audit untuk memastikan tawaran baru kepada Lionel Messi di saat kontrak akan berakhir 30 Juni 2021
0
Barcelona Secara Bertahap Berubah Jadi Anak Perusahaan City
Masalah keuangan Barcelona, klub raksasa Spanyol, telah membuat klub menjajaki pasar untuk mencari agen gratis untuk transfer pemain