UNTUK INDONESIA
Barca Masih Bisa Datangkan Neymar dengan 1 Syarat
Barcelona sulit membawa kembali bintang Paris Saint-Germain Neymar ke Camp Nou karena problem ekonomi. Meski berpeluang, namun itu sangat tipis.
Barcelona sulit membawa kembali bintang Paris Saint-Germain Neymar ke Camp Nou karena problem ekonomi. Meski berpeluang, namun itu sangat tipis. (Foto: Antara/REUTERS/GONZALO FUENTES)

Jakarta - Barcelona kian sulit membawa kembali bintang Paris Saint-Germain Neymar ke Camp Nou. Agen dari Neymar pun memperkirakan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadikan klub-klub, termasuk Barca, kesulitan menggelontorkan dana besar untuk membeli pemain. Namun klub tersebut masih punya peluang mendatangkan Neymar dengan satu syarat. 

"I'll be back." Demikian ucapan ikonik aktor laga Arnold Schwarzenegger di film Terminator dan film laga lainnya seperti The Expendables 2. Dan, itu yang dijanjikan Barca kepada Neymar musim lalu.

Barca berjanji melanjutkan negosiasi untuk membawa kembali Neymar setelah gagal merekrutnya. Saat itu, Presiden klub Josep Maria Bartomeu dan kapten Lionel Messi memastikan akan memboyong pemain berusia 28 itu setelah 3 tahun meninggalkan Barca. 

Barcelona tentu senang mendapatkan Neymar dengan pertukaran pemain. Barcelona siap memasukkan Dembele sebagai bagian dari pertukaran itu

Juara La Liga Spanyol 26 kali ini memang meraup untung setelah melego Neymar ke PSG yang memecahkan rekor transfer dunia. Hanya, Barca seperti melakukan kesalahan karena pemain yang menggantikan posisi Neymar justru gagal menunjukkan performa maksimal. 

Apakah itu Philippe Coutinho, Ousmane Dembele sampai Antoine Griezmann, tak bisa menggantikan Neymar. Apalagi, bintang Brasil itu sudah sehati dengan Messi dan Luis Suarez. 

Dan saat ada tridente MSN itu Barca mampu meraih treble pada 2015 dengan memenangi La Liga, Copa de Rey dan Liga Champions. Barca masih menjadi satu-satunya tim Spanyol yang meraih 3 trofi utama dalam satu musim. 

Kesalahan itu yang kemudian hendak ditebus dengan membawa kembali Neymar. Setelah gagal di musim lalu, Blaugrana berharap bisa menuntaskannya di bursa transfer musim panas ini.

Namun skenario itu berantakan karena pandemi. Apalagi, Barca lebih membutuhkan centre forward untuk menggantikan Luis Suarez yang kian gampang kena cedera. Barca pun dihadapkan pilihan, striker Inter Milan Lautaro Martinez atau Neymar. 

Adanya pandemi yang mengakibatkan kompetisi dihentikan membuat klub-klub kehilangan pemasukan. Mereka pun mempertimbangkan bila harus mengeluarkan dana besar hanya untuk membeli seorang pemain. 

Tipis, Peluang Barcelona Gaet Neymar

Guillem Balague, jurnalis sepak bola Spanyol dan sangat menguasai peta transfer pemain, menuturkan bila Barca masih berpeluang menggaet Neymar. Hanya, dia mengakui bila peluang itu termasuk tipis. Apalagi agennya, Wagner Ribeiro sudah menyatakan bila Neymar tidak akan meninggalkan PSG. 

Menurut Balague transfer Neymar masih bisa dilakukan dengan memasukkan seorang pemain sebagai bagian dari jual beli kedua klub. Barca bisa menawarkan Dembele atau Griezmann kepada PSG.

Persoalannya Les Parisiens sama sekali tak tertarik dengan dengan ide pertukaran pemain. Bahkan PSG tak berminat pada salah satu dari duo Prancis itu.

"Barcelona tentu senang mendapatkan Neymar dengan pertukaran pemain. Barcelona siap memasukkan Dembele sebagai bagian dari pertukaran itu," kata Balague di saluran YouTube yang dikutip Express

"Hanya, PSG tidak inginkan Griezmann maupun Dembele," ujar penulis buku tokoh sepak bola seperti Messi, Cristiano Ronaldo sampai manajer Pep Guardiola ini.  

Tak hanya itu, pertukaran pemain, Balague melanjutkan, bisa dilakukan bila kedua klub memiliki hubungan baik. Artinya PSG masih bisa menerima Griezmann atau Dembele karena hubungan baik dengan Barca. Ini yang menjadi problem karena hubungan mereka memang tak mesra. 

"Kesepakatan dengan pertukaran pemain lebih mudah dilakukan bila Anda punya hubungan bagus. Barcelona punya hubungan baik dengan Inter, Juventus dan bahkan Manchester City. Namun hubungan mereka dengan PSG kurang bagus," kata Balague. 

"Jadi, rencana Barcelona mendapatkan Neymar bakal tertunda. Kesempatan itu baru bisa dilakukan pada musim berikutnya. Untuk saat ini tak bisa dilakukan," ucap dia. 

Baca juga: 

Gara-gara Ditolak Beli Kane, Barca Incar Martinez

Perburuan Martinez, Barca Nafsu Besar Modal Cekak

Sementara, Julien Laurens yang juga menguasai bursa transfer pemain pun memperkirakan Barca harus memilih salah satu, Martinez atau Neymar. Menurut Laurens Barca tak bisa dibendung bila mendapatkan keduanya. Namun klub harus realistis hanya bisa mendapatkan salah satu dan peluang mendatangkan Martinez lebih terbuka. 

"Mereka hanya bisa membeli 1 pemain saja dan Lautaro yang paling memungkinkan. Barca bisa mengeluarkan, katakanlah, 60 juta euro ditambah 1 atau 2 pemain sebagai bagian pertukaran," ujar Laurens. 

Laurens memperkirakan dalam situasi seperti sekarang ini sulit bagi sebuah klub mendatangkan 2 pemain berharga mahal. Barca realistis dan peluang mendapatkan Neymar sudah menipis. []

Berita terkait
Neymar Bertahan di PSG, Disusul Ronaldo dan Icardi
Neymar bertahan di Paris Saint-Germain dan tidak kembali ke Barcelona. PSG juga akan satukan Neymar dengan Cristiano Ronaldo dan Mauro Icardi.
Kembali ke Barca, Neymar Siap Potong Gaji 50 Persen
Pemain depan Paris Saint-Germain Neymar masih berharap kembali ke Barcelona. Dia tak keberatan bila gajinya di Barca dipotong sampai 50 persen.
Rekrut Neymar, Barca Harus Siapkan Rp 2,7 Triliun
Barcelona punya kesempatan merekrut bintang Paris Saint Germain, Neymar. Namun Barca harus merogoh kocek Rp 2,7 triliun untuk membelinya.
0
Barca Masih Bisa Datangkan Neymar dengan 1 Syarat
Barcelona sulit membawa kembali bintang Paris Saint-Germain Neymar ke Camp Nou karena problem ekonomi. Meski berpeluang, namun itu sangat tipis.