UNTUK INDONESIA
Gara-gara Ditolak Beli Kane, Barca Incar Martinez
Barcelona sempat membidik striker Tottenham Hotspur Harry Kane. Namun tawaran dari Barca ditolak sehingga beralih mengincar Lautaro Martinez.
Barcelona ternyata pernah membidik striker Tottenham Hotspur Harry Kane (kanan). Namun tawaran dari Barca ditolak sehingga beralih mengincar striker Inter Milan Lautaro Martinez. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Barcelona sempat membidik striker Totenham Hotspur Harry Kane. Namun tawaran dari Barca ditolak Tottenham. Gagal memboyong Kane menjadikan Barca melirik striker Lautaro Martinez. 

Barca ingin mengulang sukses bila memboyong striker Inggris. Sebelumnya di era akhir 1980-an, Barca pernah merekrut penyerang tim nasional Inggris Gary Lineker, pada 1986. 

Keberhasilan Lineker menjadi top scorer sekaligus meraih Golden Boot di Piala Dunia 1986 menjadikan dia dibeli Barca dari Everton. Meski hanya bermain 3 musim di Camp Nou, namun Lineker mampu menjadi andalan lini depan Blaugrana

Lautaro memang striker yang mengesankan, terutama karena dia memang striker yang komplet

Dirinya menjadi bintang saat mencetak hat-trick yang membawa Barca menang 3-2 atas Real Madrid dalam el Clasico. Lineker turut mengantarkan tim memenangi Copa del Rey 1988 dan Piala Winners 1989. Piala Winners merupakan kompetisi kasta kedua Eropa yang berubah menjadi Piala UEFA dan kini menjadi Liga Europa.

Karier Lineker berakhir pada 1989 saat Johan Cruyff menjadi pelatih Barca. Dia dipindahkan ke tengah dan tak kemudian dilepas ke Tottenham. Meski demikian, Lineker mampu mengemas 42 gol yang menjadikannya sebagai pemain Inggris dengan torehan gol terbanyak di liga Spanyol. Rekor itu kemudian dipecahkan Gareth Bale yang bermain di Madrid. 

Sukses Lineker menunjukkan bila pemain depan Inggris mampu beradaptasi dengan baik di sepak bola Spanyol. Apalagi, Kane menunjukkan sebagai mesin gol andalan Tottenham dan juga kapten timnas Inggris. 

Kane Jadi Prioritas Pengganti Suarez

Menurut Mundo Deportivo, Barca sesungguhnya sudah menjadikan Kane sebagai prioritas menggantikan Luis Suarez yang kontraknya tinggal satu tahun lagi. Selain itu usia Suarez sudah 33 dan memasuki usia pensiun. 

Kane dinilai bisa menjadi suksesor Suarez setelah menunjukkan ketajamannya di Liga Premier Inggris. Dia mengemas 181 gol selama 278 pertandingan. Penyerang berusia 26 ini pun sudah 2 kali memenangi Golden Boot dengan menjadi top scorer Liga Premier. 

Barca sudah melakukan penjajakan sejak tahun lalu saat Presiden klub Josep Maria Bartomeu bertemu dengan petinggi Tottenham Daniel Levy. Namun Barca akhirnya tak melanjutkan negosiasi setelah Levy menyatakan tidak menjual Kane. 

Bahkan Tottenham berusaha menghalangi keinginan Kane untuk pergi meski sang pemain ingin mendapatkan klub yang bisa memberi trofi. Tottenham pun mematok harga 200 juta poundsterling atau Rp 3,6 triliun untuk harga Kane yang menjadikannya sebagai pemain termahal di dunia. Dan jelas sulit mendapatkan klub yang bersedia membeli pemain dengan harga sebesar itu di tengah krisis karena pandemi Covid-19.

Lautaro MartinezBarcelona membidik striker Inter Milan Lautaro Martinez untuk menggantikan Luis Suarez. Sebelumnya, Barca membidik striker Totenham Hotspur Harry Kane. Namun tawarannya ditolak sehingga Barca beralih mengincar Martinez. (Foto: Instagram/@lautaromartinez)

Gagal mendapatkan Kane menjadikan Blaugrana beralih pada Martinez. Terutama setelah Tottenham meminta harga sangat mahal untuk pemainnya.  

Dengan catatan gol yang menggiurkan, Martinez memang bakal menjadi bintang masa depan. Apalagi usianya masih 22 dan lebih muda ketimbang Kane. Ini yang menjadikan Barca memburunya meski harus bersaing dengan Madrid, Manchester United maupun Manchester City.

Ketajaman Martinez sudah teruji dengan mencetak 9 gol selama 17 kali membela timnas Argentina. Musim ini, dari 31 pertandingan di berbagai kompetisi, Martinez mencetak 16 gol dan  4 assists

 Baca juga: 

Kembali Tolak Kontrak Baru Inter, Martinez ke Barca

Tottenham Hotspur Tak Ingin Harry Kane ke Man United

Kapten Barca Lionel Messi pun memberi sinyal dengan memuji koleganya di timnas sebagai striker yang komplet. Menurut dia Martinez telah menunjukkan sebagai pemain depan yang tidak hanya bagus dalam mencetak gol tetapi penguasaan bola yang baik.  

"Lautaro memang striker yang mengesankan, terutama karena dia memang striker yang komplet," kata Messi. 

"Dia sosok yang kuat dan punya kemampuan membawa bola yang bagus. Dia tidak hanya mencetak gol tetapi tahu bagaimana menguasai bola dengan baik," ucapnya. 

Hanya, Messi mengakui bila perekrutan Martinez memang tak mudah. Bahkan Barca harus menyodorkan pemain sebagai tambahan untuk mendatangkan Martinez. 

"Kita lihat saja bagaimana akhir dari dia dan pemain lain," kata Messi lagi. 

Inter sesungguhnya hanya bersedia melepas Martinez dengan harga sesuai klausul rilis sebesar 111 juta euro. Namun Barca dinilai hanya mampu menyediakan dana 60 juta euro atau Rp 966 miliar dan ditambah sejumlah pemain. 

Barca sudah menyodorkan 6 pemain yang tinggal dipilih Inter, termasuk Arturo Vidal. Selain Vidal ada Nelson Semedo, Jean-Clair Todibo, Junior Firpo, Samuel Umtiti, dan Carles Alena. 

Vidal sesungguhya diminati pelatih Inter Antonio Conte. Namun Inter ingin membeli gelandang timnas Chile ini secara terpisah. []

Berita terkait
Lautaro Martinez dan Proyek 10 Tahun Barcelona
Barcelona ingin merekrut striker Inter Milan Lautaro Martinez karena tengah menyiapkan proyek 10 tahun. Martinez jadi andalan Barca di proyek itu.
Perburuan Martinez, Barca Nafsu Besar Modal Cekak
Barcelona bernafsu ingin secepatnya menyelesaikan transfer striker Inter Milan Lautaro Martinez. Namun modal cekak sulitkan Barca rekrut Martinez.
Dari Bale ke Kane, Perburuan Pemain Depan Madrid
Striker Tottenham Hotspur Harry Kane menjadi target Real Madrid. Pemain Madrid Gareth Bale bisa menjadi kunci transfer Kane.
0
Gara-gara Ditolak Beli Kane, Barca Incar Martinez
Barcelona sempat membidik striker Tottenham Hotspur Harry Kane. Namun tawaran dari Barca ditolak sehingga beralih mengincar Lautaro Martinez.