Jakarta - Kondisi Barcelona mulai runyam setelah kegagalan di Liga Champions. Hubungan suporter dengan pemain merenggang setelah mereka menginginkan pelatih Ernesto Valverde dipecat. Ini yang menjadikan manajemen berharap suporter tetap memberi dukungan saat Barca berlaga di final Copa del Rey.

Suporter memang telah menolak Valverde menyusul hasil memalukan di Liga Champions. Bagaimana tidak, Barca dua kali berturut-turut tersingkir secara menyakitkan di kompetisi Eropa. Bahkan kegagalan setelah disingkirkan Liverpool di semifinal membuat Barca terpukul. Menang 3-0 di Nou Camp, ternyata Barca malah dibantai Liverpool 4-0 di Anfield.

Tidak hanya pelatih, sang kapten Lionel Messi juga menjadi sasaran kekecewaan suporter di bandara Liverpool. Suasana tak nyaman itu kembali terjadi saat Barca menjamu Getafe, akhir pekan lalu. Di laga yang dimenangkan Blaugrana 2-0, Valverde mendapat siulan dari suporter. Siulan itu merupakan aksi kekecewaan suporter terhadap pelatih.

Selain pelatih, beberapa pemain juga menjadi sasaran kekecewaan suporter. Termasuk gelandang Sergio Busquets yang selama ini jarang 'dimarahi' suporter. Sebelumnya, gelandang Philippe Coutinho yang menjadi sasaran cemooh suporter di pertandingan pertama semifinal Liga Champions.
 
Ini yang membuat Messi kecewa. Messi membalas tindakan itu dengan tidak melakukan selebrasi di hadapan suporter usai laga melawan Getafe di La Liga Spanyol.

Sikap Messi sedikit banyak membuat manajemen klub khawatir. Apalagi klub memang belum bersikap mengenai masa depan Valverde. Sejauh ini, pernyataan klub ikut merasakan kekecewaan seperti yang dialami suporter.

"Kami berbagi kekecewaan dengan fans Barcelona." Demikian pernyataan resmi dari klub.

Pernyataan resmi dikeluarkan agar suporter merasa tidak ditinggalkan klub. Klub juga berharap suporter tetap memberi dukungan kepada tim yang berlaga di final Copa del Rey. Ini menjadi target berikut Blaugrana demi meraih gelar ganda setelah memenangi titel La Liga Spanyol.

Messi pun berharap semua bersatu dan menghindari perpecahan. Suporter pun tetap memberi dukungan meski mengalami kekecewaan atas kegagalan tim.
"Kami harus bersatu lebih dari sebelumnya. Saatnya semua bersatu mendukung kami," jawab Messi. []

Baca juga