4 Manfaat Mengurangi Konsumsi Daging untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang tidak mengkonsumsi daging dan lebih memilih menjadi vegetarian
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Daging memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh seperti mencegah anemia, mendukung sistem kekebalan tubuh, mempercepat pemulihan, dan meningkatkan fungsi otot. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengkonsumsi daging dan lebih memilih menjadi vegetarian.

Faktanya orang yang tidak mengkonsumsi daging juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti, tubuh mengalami penurunan kadar lemak jahat (LDL), tekanan darah, dan angka indeks massa tubuh. Tidak mengkonsumsi daging, tubuh kita jadi lebih jauh dari lemak jenuh serta kolesterol. Dilansir dari Healthlie, berikut 4 manfaat lain tidak mengkonsumi daging atau menjadi vegetarian untuk tubuh.


1. Mendukung kesehatan dan berat badan ideal

Diet Vegetarian, yang mengecualikan daging dan diet vegan, yang mengecualikan semua produk hewan, telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung dan kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa diet sayuran berhubungan dengan resistensi insulin yang lebih baik dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah, dibandingkan dengan diet berbasis hewan. Membatasi daging juga bisa mengurangi berat badan dan menjaga agar tetap ideal.


2. Mengurangi penyakit jantung

Salah satu aspek penelitian, diet sayuran adalah ber-efek pada kesehatan jantung. Penelitian kontroversial telah menemukan asosiasi antara asupan lemak jenuh, terutama ditemukan dalam daging dan produk hewan, dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.


3. Meningkatkan kesehatan usus

Protein nabati dan senyawa bermanfaat yang disebut polyphenols yang ditemukan dalam makanan nabati juga dapat membantu menjaga kesehatan usus. Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak dan protein dari sumber hewani dapat mendorong pertumbuhan bakteri usus kurang sehat lainnya yang secara negatif mempengaruhi metabolisme dan berperan dalam penyakit jantung.


4. Melindungi dari kanker tertentu

Membatasi beberapa jenis daging juga dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Mengkonsumsi banyak daging merah dan olahan, seperti bacon, hot dog, dan daging asap atau daging olahan lainnya, memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kolorektal.

Makan lebih sedikit daging tanpa menghilangkannya dari diet mungkin masih memilliki beberapa manfaat. Mengkonsumsi berbagai sayuran yang diproses secara minimal juga merupakan kunci untuk menuai manfaat dari pola makan tanpa daging.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga :





Berita terkait
Manfaat Mengonsumsi Daging Sapi yang Jarang Diketahui
Pada perayaan Hari Raya Iduladha banyak warga yang mendapat daging kurban, dan kebanyakan daging tersebut dimasak dengan berbagai macam.
7 Manfaat Daging Kambing Selain untuk Aktivitas Malam Jumat
Daging kambing memang dapat meningkatkan kinerja seksual. Selain itu, ternyata memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan tubuh.
Manfaat Makan Daging Merah untuk Kesehatan Tubuh
Konsumsi daging merah ternyata mampu meningkatkan imunitas tubuh. Ini karena nutrisi di dalam daging merah sangat berguna untuk kesehatan tubuh.
0
Tips dan Trik Traveling Seru Bareng Anak, Dijamin Gak Bakal Rewel
Mengajak anak-anak bepergian atau melancong menjadi kesenangan dan kepuasan sendiri bagi para orangtua.