Banyak Makan Mayones? Inilah 5 Efek Sampingnya

Sebelum mengkonsumsi mayones terlalu banyak alangkah baiknya Anda mengetahui efek sampingnya terlebih dahulu yang berdampak pada kesehatan.
Kenali efek samping mayones. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta – Dewasa ini, mayones saus, ataupun kecap telah menjadi pelengkap yang sulit dipisahkan dari camilan-camilan seperti kentang goreng, burger, ataupun makanan lainnya. Rasanya yang manis, gurih dan sedikit asam membuat mayones banyak digemari.

Mayones merupakan salah satu jenis saus yang dibuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam, dan cuka. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak mayones juga tidak disarankan. Saus berbahan dasar telur dan minyak nabati ini bisa memicu beragam efek samping yang mesti Anda waspadai.

Anda juga perlu tahu bahwa bahaya makan mayones terlalu banyak yang jarang disadari banyak orang. Pastinya, efek negatif ini akan sangat berpengaruh pada tubuh Anda.

Berdasarkan banyak sumber, Tagar merangkum efek samping terlalu banyak komsumsi mayones sebagai berikut.

  • Kenaikan berat badan

Jika Anda tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, sebaiknya konsumsi mayones dalam jumlah moderat, karena mayones mengandung lemak yang cukup tinggi.

Dalam mayones terdapat 10 gram lemak tiap 1 sendok makan mayones. Bayangkan, Anda mengonsumsi 100 kalori dari 1 sendok makan mayones saja. Jumlah ini terlalu tinggi untuk ukuran bumbu pelengkap.

Selama ini mungkin Anda merasa mengonsumsi salad buah atau sayur adalah sehat. Namun ini tak lagi sehat jika penggunaan mayones sebagai dressing berlebihan.

  • Gula darah melonjak

Mayones tidak hanya memiliki sedikit kandungan gula. Namun, mayones mengandung lebih banyak gula daripada bumbu lain. mayones biasa mengandung 1 gram gula per 1 sendok makan. Jumlah ini tidak begitu masalah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Mayones yang rendah lemak malah bisa mengandung 4 gram gula per sendok makan. Ini seharusnya jadi pertimbangan Anda untuk memilih dan mengonsumsi jenis mayones.

  • Mual dan muntah

Jika Anda terpaksa harus mengkonsumsi mayones akan lebih baik mengonsumsi mayones buatan sendiri daripada membelinya di pasaran. Meski hanya tahan kurang dari seminggu di kulkas.


Terlalu banyak konsumsi bahan pengawet bisa membuat perut mual, muntah juga sakit kepala.


  • Memperburuk kondisi gangguan pencernaan

Tidak disarankan untuk orang dengan sejumlah masalah pencernaan untuk konsumsi mayones, sebab akan memperburuk kondisi gangguan pencernaan Anda.

Jika Anda memiliki sakit lambung, sebaiknya tidak mengonsumsi mayones. Lemak pada mayones akan membuat peradangan makin buruk. Ini pun berlaku saat Anda mengalami diare dan gastritis atau peradangan dinding lambung.

Begitu juga dengan penderita diare, lemak akan membuat perut tidak nyaman. Sedangkan, pada penderita gastritis, kandungan sodium pada mayones tidak baik untuk lapisan lambung dan bisa menimbulkan heartburn juga infeksi perut.

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti mayones, bisa mengakibatkan kenaikan tekanan darah tinggi yang bisa memicu sederet penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung juga stroke.

Nah, sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan Anda konsumsi. []

Berita terkait
7 Manfaat Bernyanyi Perbaiki Suasana Hati dan Kesehatan
Bernyanyi diketahui bisa mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati, keuntungan lain juga perbaiki kondisi fisik dan psikologis
Tips Menjaga Kesehatan dengan Mengatur Jam Tidur
Mengatur jam tidur dan bangun yang teratur dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di sekolah atau di tempat kerja.
Tips Mengenali Beras-Telur Asli atau Palsu
Konsumen bisa mengetahui ciri-ciri beras asli atau palsu, telur asli atau palsu, agar cermat ketika akan membeli terutama demi menjaga kesehatan.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.