UNTUK INDONESIA
Banser Palangka Raya Jaga Perayaan Natal di Gereja
Banser Palangka Raya ikut menjaga keamanan perayaan Natal di sejumlah gereja. Sebanyak 50 anggota Banser dilibatkan dalam pengamanan itu.
Banser Palangka Raya berfoto bersama dengan jajaran Forkompimda. Banser ikut menjaga keamanan perayaan Natal di gereja. (Foto: Tagar/Tiva Rianthy)

Palangka Raya - Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani di Kota Palangka Raya saat merayakan Natal 2019. Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ikut melakukan pengamanan di gereja-gereja bersama petugas gabungan, dengan menurunkan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

"Memang setiap tahun Banser selalu ikut dalam menjaga kerukunan antarumat beragama, agar terciptanya rasa aman di wilayah kita, saat umat Nasrani merayakan Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Satuan Kordinator Cabang (Kasat Korcab) Banser Palangka Raya Ari Kholiq, di Gereja Katedral Palangka Raya, Selasa 24 Desember 2019.

Tahun ini sebanyak 50 anggota Banser dikerahkan di 16 titik, satu gereja sekitar 3-4 Banser yang bergabung dengan petugas gabungan lain, baik dari Polda, Polresta dan TNI.

Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Kalteng Komisaris Besar Polisi Iman Prijantoro di sela-sela patroli gabungan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kalimantan Tengah ke sejumlah gereja mengatakan, sebanyak 191.807 anggota gabungan disebar di sejumlah obyek vital. Antara lain gereja, tempat wisata, pusat belanja, terminal, bandara dan beberapa tempat lainnya.

Memang setiap tahun Banser selalu ikut dalam menjaga kerukunan antarumat beragama.

Khusus di gereja-gereja telah disiagakan 50 personel. Iman berharap keamanan di Kalimantan Tengah tetap kondusif dan tidak ada gangguan satu apa pun.

Sementara itu Kapolresta Palangka Raya Komisaris Besar Polisi Dwi Tunggal Jaladri mengatakan pihaknya telah menurunkan sebanyak 238 petugas Polres. Jadi total petugas gabungan 500 lainnya menjaga di 250 gereja di Kota Palangka Raya. 

Dia menilai toleransi umat beragama di Kota Palangka Raya, sangat harmonis dan rukun karena memegang teguh prinsip Huma Betang.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah berharap momen Natal kali ini dapat lebih meningkatkan kerukunan antarumat beragama di Kota Cantik ini. Hal ini sesuai visi dan misi menuju kota yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua.

Pastor Gereja Katedral Palangka Raya Ramon memberikan apresiasi atas kunjungan Forkompimda ke gereja-gereja dan penjagaan oleh petugas gabungan. Menurutnya apa yang telah dilakukan itu, merupakan perwujudan persaudaraan yang sesungguhnya, sesuai tema Natal bersama tahun ini Hiduplah sebagai Saudara Bagi Orang Lain. []

Baca Juga:

Berita terkait
Perayaan Natal, GP Ansor: Jangan Takut Ancaman Bom
Ketua Umum GP Ansor mengimbau umat Kristiani maupun mayarakat jangan takut dan tak perlu khawatir dengan ancaman bom menjelang Natal.
Jelang Natal Polrestabes Bandung Sterilisasi Gereja
Polrestabes Bandung, mengecek dan sterilisasi gereja jelang Natal di Kota Bandung untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang rayakan Natal
Pengamanan Khusus Tiga Gereja di Yogyakarta
Tiga gereja di Yogyakarta; Kotabaru, Kaliurang dan Ganjuran mendapat pengamanan khusus saat Natal. Ada unit Jibom di masing-masing gereja itu.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.