Bank Jateng Brebes Dibobol, Mesin ATM Berisi 179 Juta Dicuri

Mesin ATM berisi uang Rp 179 juta milik Bank Jateng Capem Brebes dicuri. Hanya butuh waktu dua menit untuk bawa kabur mesin ATM.
Potongan layar video rekaman CCTV saat komplotan pencuri membawa kabur mesin ATM Bank Jateng di Brebes. Mesin ATM berisi uang tunai Rp 179 juta. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Brebes - ‎Kantor Cabang Pembantu Bank Jateng di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah dibobol komplotan pencuri. Tak tanggung-tanggung, kawanan maling membawa kabur mesin ATM berisi uang Rp179 juta. 

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Brebes Ajun Komi‎saris Polisi Agus Supriyadi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi Senin, 9 November 2020 sekitar pukul 02.00 WIB.

"Pelaku berjumlah empat orang. Mereka membawa kabur mesin ATM yang ada di dalam Bank Jateng," kata Agus saat dihubungi, Selasa, 10 November 2020.

Agus mengungkapkan, pencurian ‎pertama kali diketahui oleh satpam bank yang jaga malam saat hendak membuka bank Senin pagi. Pihak bank lalu melaporkan peristiwa itu ke polisi.

"Ada penjaga di dalam, pagi-pagi mau buka, kelihatan sudah jebol dan mesin ATM-nya tidak ada. Dicek CCTV, kelihatan pelaku yang mengambil mesin ATM‎," ujar dia.

Ini baru pertama kali terjadi, mesin ATM-nya sekalian diangkut. Biasanya modusnya merusak mesin ATM

Berdasarkan keterangan pihak bank, Agus menyebut uang yang ada di dalam mesin ATM yang dibawa kabur berjumlah Rp 179 juta. Pencurian mesin ATM ini baru pertama kali terjadi di wilayah Brebes.

"Ini baru pertama kali terjadi, mesin ATM-nya sekalian diangkut. Biasanya modusnya merusak mesin ATM," tuturnya.

Kasus tersebut saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian. "Mudah-mudah cepat terungkap," ujar dia.

Sementara itu, dari rekaman CCTV bank yang diperoleh Tagar, diketahui ada lima pria yang melakukan pencurian mesin ATM. Wajah mereka tak jelas lantaran semuanya mengenakkan topi dan masker.

Dalam‎ rekaman CCTV berdurasi sekitar enam menit itu, awalnya terlihat satu pelaku yang mengenakkan jaket warna krem masuk terlebih dahulu ke tempat ATM disusul dua temannya yang sama-sama mengenakkan kaos warna hitam.

Baca juga: 

Ketiganya lalu‎ berupaya menggoyang-goyangkan mesin ATM. Tak lama kemudian, pelaku berjaket krem terlihat memanggil temannya hingga muncul satu pelaku lain datang membantu mengoyang-goyang mesin ATM hingga berhasil dirobohkan.

Setelah mesin ATM roboh dan dibiarkan beberapa saat, ‎muncul satu pelaku lain yang sebelumnya tak terlihat di CCTV. Bersama pelaku berjaket krem dan berkaos hitam, dia ikut menarik keluar mesin ATM dan mengangkatnya ke mobil.

Sejak mesin ATM mulai digoyang-goyang hingga diangkut ke mobil, aksi para pelaku itu berlangsung tak sampai dua menit. Para pelaku juga tak terlihat menggunakan alat apapun saat beraksi. []

Berita terkait
Bobol Mesin ATM di Komplek TNI, Lima Pelaku Diringkus
Nekat membobol mesin ATM di Komplek TNI (Kostrad) Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, sebanyak lima pelaku berhasil diringkus aparat gabungan.
Tepergok Bobol Salon di Solo, Pencuri Sembunyi di WC Umum
Dua pencuri tepergok warga Solo hendak bobol sebuah salon di Sriwedari. Satu pelaku bersembunyi di WC umum.
Pembobol ATM Beraksi di Padang, Saksi Mata Nyaris Ditabrak
Aksi pembobolan ATM terjadi di Kota Padang. Pelaku bahkan nyaris menabrak saksi mata.
0
PPKM Mikro Seluruh Provinsi di RI Resmi Berlaku Hari Ini
Pemerintah resmi memberlakukan PPKM di seluruh Provinsi Indonesia per 1 Juni hingga 14 Juni 2021 untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.