UNTUK INDONESIA
Banjir Bandang di Malang Seret 2 Warga dan 6 Motor
BPBD Kabupaten Malang menyebutkan banjir bandang terjadi pada pukul 16.00 WIB akibat hujan deras yang melanda Malang.
Banjir bandang yang menerjang Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jumat 24 Januari 2020. (Foto: BPBD Kabupaten Malang/Tagar/Moh Badar Risqullah)

Malang - Banjir bandang terjadi di Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jumat 24 Januari 2020. Akibat bencana tersebut enam pengendara, yang di mana dua mengalami luka akibat terseret arus dan empat lainnya berhasil selamat.

Diketahui, awalnya terjadi hujan deras di lokasi kejadian sekitar pukul 16.00 WIB. Setengah jam kemudian atau sekitar pukul 16.30 WIB tiba-tiba debit air sungai naik dan langsung terjadi banjir bandang.

Semua material banjir terbuang ke jalan.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Leonardo mengatakan banjir bandang itu meluap hingga ke jalan. Karena, material banjir menyumbat saluran sungai di bawah jembatan.

"Semua material banjir terbuang ke jalan. Sehingga, jembatan Desa Petungsewu-Tegalwaru aksesnya tertutup oleh material banjir itu," kata dia dalam keterangan tertulisnya kepada Tagar.

Selain itu, Leo menyampaikan bahwa Jalan desa penghubung antara Desa Petungsewu dan Tegalwaru Kecamatan Dau tertutup lumpur dan material banjir. Dan rest area serta warung lesehan desa petung sewu terdampak endapan lumpur dengan tebal -+ 10 CM.

"Itu rusak ringan. Sedangkan untuk rusak berat masih belum ada. Sementara ini masih kami data dulu. Tapi, ini tidak berdampak pada rumah warga setempat," terangnya.

Sedangkan korban, dia melanjutkan bahwa ada 2 orang pengendara yang mengalami luka ringan. Dan semua korban disebutkannya sudah dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Kedua korban yaitu Fendi 17 tahun warga Pakisaji, Kabupaten Malang dengan luka ringan di bagian kakinya. Kemudian Alif 24 tahun warga Wagir, Kabupaten Malang yang mengalami Luka Ringan pada Lutut Kanan.

"Ada 6 sepeda motor yang sebelumnya terseret. Tapi, 4 pengendara dan sepeda motornya selamat. 2 orang ini yang sempat terseret dan mengalami luka ringan tadi," terangnya.

Hingga berita ini ditulis, dikatakannya bahwa tim BPBD Kabupaten Malang bersama beberapa relawan masih melakukan pendataan. Sekaligus juga dilakukan tindakan berupa pembersihan material banjir yang menutup jembatan dan jalan raya desa. []

Berita terkait
2 Komisioner KPU Diperiksa KPK, Arief: Kita Terbuka
Ketua KPU RI Arief Budiman menegaskan siap memenuhi panggilan pemeriksaan KPK terkait kasus suap PAW yang menyeret Komisioner KPU Wahyu Setiawan.
Warga Surabaya Minta Polisi Tangkap Penghina Risma
Polrestabes Surabaya telah menerima laporan aduan dari Pemkot Surabaya yang melaporkan akun medsos Zikria Dzatil yang diduga menghina Risma.
Rumah Pintar Pemilu, Ketua KPU: Edukasi Demokrasi
Ketua KPU RI, Arief Budiman meresmikan rumah pintar pemilu di Kota Batu yang nantinya akan menjadi wadah edukasi demokrasi bagi warga.
0
Rumah Quraish Shihab Dibobol Maling, 2 Spion Hilang
Rumah cendikiawan muslim Muhammad Quraish Shihab dibobol maling. Polisi menyebut dua kaca spion mobil diambil pencuri.