Bahaya Mandi Malam, Mitos Atau Fakta

Selain kedua penyakit di atas, mandi malam juga dipercaya dapat membuat Anda masuk angin, asam urat, dan kulit cepat kering.
Mandi (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Banyak orang tidak menyarankan untuk mandi di malam hari. Kebiasaan ini dianggap tidak baik untuk kesehatan. Berbagai jenis penyakit sering dikaitkan dengan bahaya mandi malam hari.

Sebagai contoh, nantinya bisa mengakibatkan penyakit yang akan terjadi, seperti rematik atau paru-paru basah. Ya, anggapan ini memang banyak beredar di masyarakat.

Selain kedua penyakit di atas, mandi malam juga dipercaya dapat membuat Anda masuk angin, asam urat, dan kulit cepat kering.

International Journal of Nursing Studies menjelaskan mandi malam dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini juga dianggap sebagai salah satu cara orang tua agar tidur lebih lelap.

Berikut fakta medis dari mitos-mitos seputar efek mandi malam yang dapat Anda ketahui.


Bukan penyebab rematik

Sejauh ini, belum ada bukti medis yang membenarkan anggapan bahwa salah satu bahaya mandi di malam hari adalah munculnya penyakit rematik.

Mengutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa mandi malam bisa menyebabkan rematik adalah hoaks.Perlu Anda ketahui bahwa penyebab rematik adalah sistem imun yang menyerang lapisan di sekitar persendian.

Hal ini mengakibatkan radang, rasa sakit pada sendi, atau nyeri otot.Namun, tidak menutup kemungkinan mandi malam dengan air dingin bisa menimbulkan efek tertentu pada area sendi sehingga memicu rasa sakit bagi penderita rematik.


Tidak menyebabkan paru – paru basah

Mitos lainnya adalah bahaya mandi di malam hari bisa menyebabkan paru-paru basah. Lagi-lagi, klaim ini tidak dapat dipertanggungjawabkan.Paru-paru basah atau pneumonia adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada kantung udara di paru-paru.

Ini mengakibatkan kantung tersebut terisi oleh cairan atau nanah sehingga penderitanya akan kesulitan bernapas. Penyebab dari peradangan ini bukan karena masuknya air saat Anda mandi malam.

Melainkan, karena infeksi bakteri, virus, maupun jamur.Justru, mandi air hangat di malam hari bermanfaat bagi penderita pneumonia, karena dapat melegakan jalan napas sehingga tidur lebih nyenyak.


Mempercepat waktu tidur

Mandi malam dengan air hangat bisa membantu agar Anda tidur lebih cepat. Para peneliti berteori bahwa air hangat merangsang aliran darah ke tangan dan kaki.Hal ini kemungkinan bisa membuat hawa panas dalam tubuh keluar sehingga efeknya tidak butuh waktu lama untuk mengantuk.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Manfaat Tidur Cukup bagi Kesehatan Tubuh
Tidur merupakan kebutuhan sehari-hari yang pasti dilakukan semua orang. Dengan tidur, kamu dapat meningkatkan energi.
Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih
Maka dari itu kita harus memperhatikan kulit tubuh, yuk simak cara-cara merawat kulit agar tetap sehat.
5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
Buah mangga akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, folat, dan zinc.
0
Bahaya Mandi Malam, Mitos Atau Fakta
Selain kedua penyakit di atas, mandi malam juga dipercaya dapat membuat Anda masuk angin, asam urat, dan kulit cepat kering.