UNTUK INDONESIA

Awal Tahun Harga Bahan Pokok di Banda Aceh Turun

Sejumlah harga barang kebutuhan barang pokok khususnya pertanian secara perlahan berangsur menurun di Banda Aceh.
Cabai merah unggul di Pasar Tradisional Blang Pidie, Aceh Barat Daya, Aceh. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Banda Aceh - Sejumlah harga barang kebutuhan barang pokok khususnya pertanian secara perlahan berangsur menurun di Banda Aceh, Aceh, Minggu, 10 Januari 2021.

“Dari akhir tahun sampai sekarang memang ada beberapa barang kebutuhan pokok khususnya hasil pertanian seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih yang sempat naik namun berdasarkan harga yang dipantau awal Januari harga tersebut mulai menurun," kata Kepala Seksi Persediaan Barang Pokok, Stabilisasi Harga dan Pengawasan Barang Bersubsidi Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kota Banda Aceh, Dara Karina dalam keterangannya, Minggu, 10 Januari 202.

Dara menyebutkan, jika pada akhir Desember 2020 untuk cabai merah masih kisaran 60-70 ribu/kilogram, saat ini turun menjadi 50-55 ribu/kilogram, begitu juga dengan cabe rawit dari harga 55-60 ribu/Kg menjadi 40-45 ribu/kilogram. 

Karena kita sekarang musim maulid jadi permintaannya banyak tapi barang yang masuk ke Banda Aceh terbatas.

"Harga telur ayam juga sempat naik harganya terutama menjelang Natal dan Tahun Baru 2021 yang sempat mencapai Rp 50.000 per lempengnya, sekarang sudah turun Rp 47-48 ribu per lempeng,” kata Dara.

Dara menjelaskan ada berbagai macam faktor yang membuat beberapa barang-barang tersebut naik di antaranya ialah faktor cuaca dan transportasi.

“Selain itu karena kita sekarang musim maulid jadi permintaannya banyak tapi barang yang masuk ke Banda Aceh terbatas karena faktor cuaca dan transportasi (gagal panen, banjir) sehingga harga menjadi naik,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Andriansyah pedagang di Pasar Al Mahira Lamdingin menyatakan harga barang pokok seperti cabai mulai stabil.

“Di akhir-akhir tahun seperti cabai rawit dan cabai masak sudah naik tapi sekarang sudah mulai turun,” katanya. []

Baca juga:


Berita terkait
Mentan Pastikan Kebutuhan Bahan Pokok Nataru Aman Terkendali
Mentan Syahrul Yasin Limpo memastikan kebutuhan bahan pokok untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru 2021 aman dan terkendali.
Jelang Akhir Tahun Stok Bahan Pokok Aman di Banda Aceh
Ketersediaan bahan pokok di Banda Aceh mencukupi hingga akhir tahun 2020. Harga sejumlah komoditi masih terbilang normal.
Jelang lebaran, Harga Bahan Pokok di Bantaeng Stabil
Menjelang hari lebaran Idul Adha, harga bahan pokok di pasar sentral Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan di nilai masih stabil.
0
Kecelakaan Beruntun di Jepang Kudus, 4 Korban Dibawa ke RS
Kecelakaan beruntun terjadi di Jepang, Kudus. Kecelakaan akibat truk rem blong ini membuat 4 korban harus dirawat di rumah sakit (RS).