UNTUK INDONESIA
Atlet SEA Games Asal Kalteng Diangkat Jadi ASN
Atlet SEA Games asal Kalteng bakal diangkat menjadi ASN karena sudah mengharumkan daerah dan Indonesia. Mereka bersuka cita atas perhatian Pemprov.
Delin peraih medali perak cabor softball dan Linda Lestari peraih perunggu panahan recurve putri bersama pelatih panahan Putu, Kabid Pembinaan Olahraga Dispora Kalteng Adrie Teguh dan Wakil Ketua Koni Kalteng Hatir Sata Tarigan berfoto bersama, Jumat 13 Desember 2019. (Foto : Tagar/Tiva Rianthy)

Palangka Raya - Kedatangan Linda Lestari 25 tahun dan Delin 26 tahun, atlet SEA Games 2019 Filipina di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Jumat 13 Desember 2019, disambut layaknya pahlawan. Keduanya sudah mengharumkan Povinsi Kalimantan Tengah maupun Indonesia.

Kehadirannya di bandara itu disambut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Tengah Falery Tuwan, Kabid Pemberdayaan Olahraga Dispora Kalimantan Tengah Andrie Teguh serta Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kalimantan Tengah Hatir Sata Tarigan.

Kedua pahlawan olahraga itu diberi kalungan bunga kemudian diarak keliling Kota Palangka Raya. Lalu menemui Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri di ruang kerja lantai II Kantor Gubernur Kalimantan Tengah.

Linda Lestari berhasil meraih medali perunggu dari cabang olahraga Panahan recurve putri. Sedangkan Delin meraih perak dari cabang olahraga Softball Putri. Sebenarnya Leandro dari cabang olahraga Dayung kelas Dragon Boat 200 meter berhasil meraih emas. Tetapi langsung mengikuti Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) di Cipule, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu Sekda Kalteng Fahrizal Fitri berterima kasih kepada para atlet asal Kalimantan Tengah yang ikut membawa nama harum Indonesia. Para peraih medali ini dijanjikan akan diberikan bantuan dari Pemprov Kalteng. Tak hanya itu saja mereka juga akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui jalur khusus.

Alhamdulillah di SEA Games kedua kalinya saya ikut ini, berhasil meraih perunggu di nomor perseorangan putri.

Fahrizal berharap para atlet tersebut juga mampu membantu mendongkrak perolehan medali bagi Kalimantan Tengah di PON 2020 Papua. Sehingga Kontingen Kalteng bisa memperbaiki peringkat saat PON di Jawa Barat empat tahun lalu.

Linda sangat berterima kasih mendapat perhatian dari pemerintah daerah, apalagi diangkat sebagai ASN. Sebab Linda saat ini memang masih bekerja sebagai tenaga honor di Dispora Katingan.

Linda sudah dua kali menjadi bagian Kontingen Indonesia di SEA Games. Pada 2017, berhasil meraih medali perunggu di nomor recurve. Persaingan SEA Games tahun ini begitu ketat dan melahirkan sesuatu yang tidak terduga. Alasannya banyak atlet yang sebelumnya tidak diunggulkan justru meraih medali.

"Alhamdulillah di SEA Games kedua kalinya saya ikut ini, berhasil meraih perunggu di nomor perseorangan putri. Insya Allah ini menjadi semangat saya untuk bisa meraih emas di PON mendatang," ujarnya.

Harapan sama juga disampaikan Delin, yang mendambakan bisa diangkat menjadi ASN. Apalagi saat ini Delin sudah tidak bekerja lagi. Keikutsertaan di SEA Games baru pertama kali dan langsung bisa mempersembahkan medali perak.

Namun, Delin tidak bisa memperkuat Kalimantan Tengah di PON tahun depan untuk cabang olahraga (cabor) softball. Alasannya Delin sudah melewati batas umur sebagai syarat mengikuti PON di cabor softball hanya 23 tahun.

Kepala Dispora Kalteng Falery Tuwan mengatakan, para atlet akan diangkat menjadi melalui jalur khusus atau jalur prestasi, karena sudah berhasil mengharumkan nama Kalteng.

Wakil Ketua KONI Kalteng Hatir Hata Tarigan berharap memberi apresiasi kepada Pemprov Kalteng karena ingin mengangkat mereka sebagai ASN. "Tentu saja hal itu akan menjadi motivasi bagi atlet untuk lebih berprestasi lagi," ungkapnya. []

Baca Juga:

Berita terkait
Kejari Palangka Raya Menuju Wilayah Bebas Korupsi
Kejari Palangka Raya menerapkan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Langkah ini salah satu upaya untuk meraih predikat wilayah bebas korupsi.
Sabet Lima Medali SEA Games, Anwar Disambut Meriah
Anwar Tarra atlet Dayung peraih 5 medali di SEA Games Filipina disambut meriah saat tiba di Gowa, Jumat 13 Desember 2019.
Bonus Atlet SEA Games Asal Jepara Tunggu Bupati
Pemkab Jepara berencana memberi bonus ke atlet berprestasi peraih medali di SEA Games 2019 Filipina.
0
Jejak Kasus Kriminal Eks Petinju Nasional di Padang
Mantan atlet tinju asal Kota Padang, Sumatera Barat, ternyata residivis kasus kriminal yang sudah berulang kali masuk penjara.