UNTUK INDONESIA
Asupan Sehat Bagi Warga Korban Banjir
Musim banjir saat ini,rentan terhadap serangan penyakit hingga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Berikut makanan sehat yang wajib dikonsumsi.
Jeruk. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Jakarta - Musim banjir saat ini sistem kekebalan tubuh pasti mulai terganggu. Jadi mulailah mengonsumsi asupan sehat agar penyakit tidak mudah menyerang tubuh. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah makanan sehat yang ampuh memperkuat daya tahan tubuh. 

1. Jahe

JaheEnam Tanaman Herbal Bantu Obati Diabetes. (Foto: spektrumsains)

Salah satu rempah khas yang ada di Indonesia ini, memang mampu mengobati berbagai penyakit hingga menjaga imun tubuh agar terlihat bugar dan sehat. Hal itu disebabkan karena jahe mengandung senyawa seperti betakaroten dan capsaicin. 

Ada berbagai cara untuk mendapatkan khasiat dari jahe, yaitu salah satunya Anda bisa mencampurkannya ke dalam teh dan masakan, atau meraciknya menjadi wedang jahe. 

Rasa hangat jahe mampu membuat badan terlihat fit dan mencegah radang tenggorokan, serta mual. Jangan lupa di musim banjir sekarang ini, segeralah mengonsumsi rempah tersebut supaya tubuh Anda tidak mudah ambruk atau jatuh sakit. 

2. Jeruk

JerukJeruk. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Buah penghasil vitamin C ini juga sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, kandungan flavonoid yang merupakan senyawa kimia alami juga bisa menambah aktivasi sistem kekebalan tubuh. 

Kandungan antioksidan yang ada di dalam jeruk, ternyata mampu mencegah dan mempercepat penyembuhan penyakit. Bukan hanya itu saja, buah tersebut juga kaya dengan serat, kalium, magnesium, dan kalsium yang berfungsi menguatkan otot dan tulang, serta mengelola sistem saraf. 

Dengan khasiat yang diberikan dari jeruk tersebut, Anda bisa memanfaatkan buah ini untuk menjaga sistem imun tubuh dengan baik. 

3. Apel

ApelBuah Apel. (Foto: Pixabay/MarcoRoosink)

Apel juga bisa dikonsumsi saat musim banjir melanda untuk menjaga kekebalan tubuh. Sebab, buah tersebut bisa membantu oksigen lebih mudah masuk ke dalam paru-paru. 

Penelitian Inggris menyebutkan mengonsumsi apel dengan cara rutin dapat mencegah gejala asma. Hal itu dikarenakan ada kandungan flavonoid yang sering disebut dengan khellin. 

Buah yang kaya serat ini juga mampu mengurangi dan mengatasi peradangan selama infeksi. Jadi, kandungan yang terdapat dalam apel bisa dimanfaatkan untuk mencegah kedatangan penyakit, terutama dalam musim banjir sekarang ini. 

4. Lemon

LemonKulit Lemon. (Foto: Pixabay/stevepb)

Lemon yang kaya dengan vitamin C juga mampu menjaga dan melindungi Anda terserang penyakit seperti pilek, influenza atau infeksi lainnya. Apalagi saat banjir melanda, buah berwarna kuning ini bisa secara rutin dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa meraciknya dengan meminum air perasan lemon setiap hari atau mencampurkannya pada sayuran yang akan dikukus. 

5. Madu

MaduEmpat Makanan Wajib Saat Perut Kosong. (Foto motherandbaby)

Madu memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Apalagi saat musim banjir saat ini, kandungan antioksidan pada madu mampu meredakan batuk, radang tenggorokan, dan penyakit lainnya. 

Tentu bukan hanya itu saja, madu juga ampuh menjaga kekebalan tubuh, mengatur kadar kolesterol, hingga menenangkan sistem saraf. Anda bisa merasakan khasiatnya jika Anda segera mengonsumsi madu untuk mencegah berbagai penyakit pada musim penghujan. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Menggemukkan Badan Secara Alami dan Sehat
Tips menggemukkan badan secara alami dan sehat, berikut ulasannya.
Lima Buah Cegah Perut Buncit, Semangka Salah Satunya
Semangka dipercaya dapat mengatasi masalah perut buncit. Tagar bagikan ulasan mengenai buah-buahan atasi perut buncit.
Khasiat Konsumsi Daun Kemangi
Daun kemangi lazim disajikan sebagai lalapan bersama selada dan mentimun.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.