Asesmen Nasional Sangat Penting Bagi Kabupaten Bantaeng

Muhammad Haris, mengatakan bahwa program asesmen nasional ini sangat penting Bagi Kabupaten Bantaeng.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris. (Foto: Tagar/Bariq Yonanda)

Jakarta - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng, Muhammad Haris, mengatakan bahwa program asesmen nasional ini sangat penting Bagi Kabupaten Bantaeng.

“Program asesmen nasional ini sangat penting bagi Bantaeng karena sudah diawali dengan pelatihan dan peningkatan kualitas guru dan menjadi program perbaikan yang tepat sasaran, tidak lagi salah diagnosa dan resep seperti ujian nasional," kata Muhammad Haris dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis, 2 September 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng tersebut juga menjelaskan terdapat tiga faktor dasar mengapa asesmen ini sangatlah penting bagi Bantaeng.

“Pemetaan dan potret mutu sekolah sejalan dengan visi Kabupaten yaitu peningkatan sumber daya manusia khususnya capaian kompetensi pada usia sekolah, kedua potret mutu sekolah dapat diadaptasi menyusun kurikulum mandiri berbasis domisili murid, dan yang terakhir program pelatihan dan peningkatan kualitas guru dan program perbaikan lingkungan belajar yang tepat sasaran," ujarnya.

Muhammad Haris juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa hal yang telah dipersiapkan oleh Bantaeng untuk melaksanakan asesmen nasional.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada pengawas, kepala sekolah, guru dan warga sekolah dengan mengkampanyekan bahwa asesmen nasional ini sebagai pemetaan mutu bukan lagi capaian belajar murid, tidak perlu lagi kursus-kursus," ujarnya.


Program asesmen nasional ini sangat penting bagi Bantaeng karena sudah diawali dengan pelatihan dan peningkatan kualitas guru dan menjadi program perbaikan yang tepat sasaran, tidak lagi salah diagnosa dan resep seperti ujian nasional.


"Lalu posko pemantauan sudah dipersiapkan dan workshop bagi para teknisi sudah dijalankan. Dan yang terakhir memaksimalkan ujicoba kepada murid dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti satgas Covid-19, orang tua, PLN dan pihak provider. Tentu saja semuanya kami lakukan dengan protokol kesehatan yang lengkap," sambungnya.

Pihaknya berharap sosialisasi asesmen nasional ini dapat ditangkap dan dicerna secara baik dan menyeluruh kepada para instrumen pendidikan yang terkait.[]

(Bariq Yonanda)

Baca Juga:

Berita terkait
Asesmen Nasional untuk Perbaikan Kualitas Pembelajaran
Anindito Aditomo mengatakan bahwa kehadiran asesmen nasional dirancang untuk mendorong perbaikan kualitas pembelajaran.
Konsultan Pendidikan Respons Positif Asesmen Nasional 2021
Evi Ghozaly merespons positif akan kehadiran program asesmen nasional yang dinilai menjadi harapan untuk pendidikan nasional.
Asesmen Jadi Syarat Penerapan Sekolah Tatap Muka di Jakarta
Pembukaan sekolah pelaksanaan tersebut akan difokuskan pada sekolah yang sebelumnya sudah dilakukan uji coba PTM pada bulan lalu.
0
Asesmen Nasional Sangat Penting Bagi Kabupaten Bantaeng
Muhammad Haris, mengatakan bahwa program asesmen nasional ini sangat penting Bagi Kabupaten Bantaeng.