UNTUK INDONESIA
Asam Sunti Sambal Populer Kuliner Aceh
Salah satu sambal khas Aceh ialah asam sunti yang dipakai hampir disetiap masakan tradisional Aceh.
Sambal asam sunti yang telah dimasak seperti Sambal Sunti Teri dan Sambal Sunti Keumamah. (Foto: Tagar/Syamsurizal)

Aceh Barat Daya – Pada umumnya masyarakat Aceh suka dengan makanan pedas, asin dan asam maka tidak heran masakan dari daerah ujung pulau Sumatera ini sangat banyak kuliner khas begitu terasa rempah-rempahnya.

Sambal yang sudah ada sejak leluhur ini biasanya hampir digunakan semua masakan khas tradisional Aceh. Bahkan sebagian orang Aceh, tidaklah lengkap jika masakannya tidak disuguhi dengan asam sunti. 

Salah satunya sambal asam sunti yang masyarakat Aceh sering menyebutnya Sambai asam boh limeng. Sambal yang sudah ada sejak leluhur ini biasanya hampir digunakan semua masakan khas tradisional Aceh. Bahkan sebagian orang Aceh, tidaklah lengkap jika masakannya tidak disuguhi dengan asam sunti.

Misalnya di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh, sambal asam sunti ini menjadi sambal favorit didapur rumah warga setempat. Proses pembuatannya banyak versi dan tergantung dari kebiasaan daerah masing-masing.

Misalnya masyarakat Abdya membuat sambal dari belimbing wuluh itu diolah dengan diberi garam lalu dijemur pada terik matahari sampai beberapa hari hingga tidak lagi berair dan berubah warna menjadi kecoklat-coklatan.

Sunti merupakan bahan pokok untuk membuat sebuah sambal pedas. Bahan ini biasanya dicampur dengan aneka jenis ikan, semisal ikan teri kering (kareng), ikan teri segar, udang sabu, udang sabu kering, Keumamah (daging ikan tongkol) dan bahan tambahan lainnya untuk menciptakan sambal pedas tertentu sesuai dengan selera.

Sambai asam boh limeng sudah ada sejak leluhur secara turun-temurun yang biasanya hampir digunakan semua masakan khas tradisional Aceh.

Berbahan murah meriah, sambal sunti dapat dengan mudah dibuat. Sambal khas satu ini, tidak butuh waktu lama untuk dapat disajikan. asam sunti menjadi bahan pokok utama yang harus disediakan secukupnya, sediakan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, garam dan minyak makan.

Selanjutnya cuci dengan air bersih bahan-bahan tersebut termasuk bahan tambahan. Pastikan garam yang menempel di asam sunti benar-benar bersih. Kemudian, asam sunti, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit di haluskan. Langkah ini bisa dilakukan dengan ulekkan batu, bisa juga dengan di blender.

Setelah dipastikan bahan-bahan tersebut bersih dan halus, lalu panaskan minyak goreng sesuai kebutuhan. Tuangkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan dan diaduk hingga merata.

Tuangkan bahan tambahan berupa teri untuk sambal sunti teri, udang sabu untuk sambal sunti udang sabu, keumamah untuk sambal sunti keumamah dan bahan tambahan lainnya.

Aduk hingga merata bahan tersebut hingga berubah warna. Jika sudah tercampur rata, berubah warna dan mengeluarkan aroma khas, siaplah sambal sunti Aceh untuk disajikan. Dijamin, sambal ini bisa membuat penikmatnya ketagihan dengan sensasi pedas yang begitu khas.

Kebiasaan orang Aceh yang suka bersantai di lokasi wisata. Makanan ini menjadi makanan utama yang tidak boleh ketinggalan untuk di bawa.

Sebelum membasahi sekujur tubuh dengan air, warga Aceh biasa memasak sambal ini terlebih dulu ketika sudah berada di destinasi wisata, baik wisata sungai maupun laut. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kenali Kuliner Khas Kota Kelahiran Surya Paloh di Aceh
Kota Kelahiran Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Banda Aceh banyak kuliner khasnya, apa sajakah itu?
Siap Berkeringat, Santap Sambal Gunong Ruloeh Khas Aceh
Berbahan sederhana, sambal yang disantap mentah ini siap membuat penikmatnya bercucur keringat dengan rasa pedas, yang membuat ketagihan.
Nissa Sabyan: Aceh Memiliki Makanan Enak
Vokalis grup musik Sabyan Gambus menyebut makanan Aceh enak
0
Italia Nyaris Pecahkan Rekor Kemenangan Terbesar
Italia nyaris memecahkan rekor kemenangan terbesar saat membantai Armenia 9-1 di kualifikasi EURO 2020, Selasa 19 November 2019 dini hari WIB.