Asal Usul dan Makna Nasi Uduk, Berikut Penjelasannya

Nasi uduk biasanya dilengkapi dengan ayam goring, bihung, telur balado, orek tempe dan sebagainya, sesuai selera.
Nasi uduk (Foto: Tagar/ resepistimewa)

Jakarta - Siapa yang tidak tau dengan nasi uduk? Makanan khas Betawi yang merupakan perpaduan dari dua budaya loh. Meski merupakan makan tradisional, nasi uduk sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Makanan kha Betawi ini biasanya dimakan saat sarapan dan tidak pernah absen di acara-acara adat Betawi.

Jika dilihat dengan kasat mata, nasi uduk memiliki rupa yang sama dengan nasi putih pada umunya. Akan tetapi nasi uduk memiliki citra rasa dan aroma yang berbeda dengan nasi biasa, dimana ia memiliki aroma yang gurih serta dengan tekstur yang tidak pulen seperti nasi biasa. 

Nasi uduk biasanya dilengkapi dengan ayam goring, bihung, telur balado, orek tempe dan sebagainya, sesuai selera.

Diperkirakan nasi uduk sudah ada sejak abad ke 14 sampai 16. Pada abad tersebut Melayu dijajah bangsa Portugis. Pada tanggal 24 Agustus 1511, tanah Melayu berhasil berpindah tangan sehingga suku Melayu berhijrah ke Batavia atau sekarang disebut Betawi.

Pada saat bersamaan Kerajaan Mataram diduduki oleh VOC sehingga suku Jawa pindah ke Batavia. Saat berpindah tempat, masyarakat suku Melayu dan suku Jawa membawa barang dagangan mereka.

Nasi uduk sebenarnya merupakan makanan yang bisa dimakan oleh orang Melayu yang berprofesi sebagai pedagang. Orang Melayu yang ada di Sumatra lalu membawa nasi uduk ke pulau Jawa melalui pedagang.

Saat berpindah, masyarakat suku Jawa membawa nasi gurih. Sehingga nasi uduk sebenarnya perpaduan budaya antara masyarakat pulau Sumatra dengan masyarakat pulau Jawa. pada awalnya masyarakat Melayu menyebut nasi uduk dengan sebutan nasi lemak.

Sampai saat ini belum diketaui secara pasti makna dari “uduk”. Jika diartikan dengan bahasa Sunda, ‘uduk’ memiliki makna bercampur atau menjadi satu. Oleh sebab itu penyajian nasi uduk dicampur dengan berbagai lauk pauk agar menjadi lebih nikmat.[]


(Fiona Renatami)


Baca Juga:

Berita terkait
5 Kuliner Asli Indonesia yang Mendunia
Kuliner Indonesia bahkan sudah mendunia. Banyak orang-orang luar juga menyukai makanan Indonesia karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah.
3 Kuliner Ini, Identik dengan Hari Kemerdekaan
Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat Indonesia harus merayakan kemerdekaan di rumah, salah satunya dengan memasak kuliner khas kemerdekaan.
5 Jenis Kuliner Ekstrem di Indonesia yang Harus Diketahui
Indonesia memang terkenal dengan ragam kuliner yang lezat dan membuat ketagihan. Namun, tak sedikit pulu kuliner yang ekstrem yang harus diketahui.
0
Asal Usul dan Makna Nasi Uduk, Berikut Penjelasannya
Nasi uduk biasanya dilengkapi dengan ayam goring, bihung, telur balado, orek tempe dan sebagainya, sesuai selera.