Mengenal Asal Usul Balado Kuliner Khas Minang

Balado merupakan teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah.
ILustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Bukan orang Indonesia namanya jika di meja makan tidak pernah tersaji sambal. Saking cintanya pada cita rasa pedas, orang Indonesia kerap membuat hidangan yang dicampurkan dengan sambal, salah satunya adalah balado.

Balado berasal dari daerah Minang, Sumatera Barat. Balado berasal dari kata ‘lado’ yang artinya bumbu yang terasa pedas. Jadi, masakan balado maksudnya makanan yang berbumbu pedas. Dilansir dari Wikipedia, Balado merupakan teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah, biasanya bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis.

Ternyata walaupun balado itu pedas, bahan utamanya bukan hanya cabai. Ada bahan lain yang membuat cita rasanya semakin kuat yaitu cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah. Bisa juga ditambahkan lengkuas, daun salam, dan serai agar semakin harum bumbu baladonya.

Sebenarnya olahan balado sudah hadir lebih dulu di Indonesia sebelum cabai. Hal itu karena cabai yang kita kenal saat ini pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Portugis pada abad ke-16. Sebelumnya, orang pribumi mengenal tumbuhan pedas lain yang bernama Cabya. Tumbuhan ini merujuk kepada tanaman sejenis lada-ladaan yang disebut Piper retrofractum vahl atau orang jawa menyebutnya dengan Kemukus.

Olahan dari sambal balado banyak jenisnya seperti terong balado, teri balado, jengkol balado, dendeng balado, cumi balado, sampai ayam balado pun ada. Selain itu, terdapat makanan ringan yang dicampurkan dengan bumbu tabur rasa balado seperti pada keripik singkong, keripik pisang cimol, dan cilor.

Cara memasak balado cukup mudah. Siapkan terlebih dahulu bahannya seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan tambahan rempah lainnya. Setelah itu haluskan menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu halus dengan api sedang, tambahkan gula dan garam untuk penambah rasa. Terakhir masukan bahan yang sudah kamu siapkan. Pastikan bahan yang akan kamu campurkan sudah matang seperti telur direbus terlebih dahulu atau ayam digoreng dahulu.


(Sekar Aqillah Indraswari)


Berita terkait
Pembunuhan Anak Perempuan Setelah Diperkosa Terjadi Lagi di India
Terjadi lagi pemerkosaan beramai-ramai dan pembunuhan anak gadis berusia 9 tahun dari komunitas kasta rendah Dalit di India
Puluhan Perempuan Etnis Tigray Diperkosa Tentara Ethiopia
Amnesty International melaporkan puluhan perempuan di Tigray, Afrika, telah diserang secara seksual oleh tentara Ethiopia dan pasukan aliansi
Bocah Kasta Terendah Diperkosa Picu Amuk Massa di India
Kasus pemerkosaan di India membuat publik India berang setelah bocah Dalit, kasta paling rendah, diperkosa, dibunuh, dan dikremasi secara paksa
0
Mengenal Asal Usul Balado Kuliner Khas Minang
Balado merupakan teknik memasak khas Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah.