5 Kuliner Nusantara yang Wajib Dicoba Orang Indonesia

Makanan khas Nusantara sudah pasti dikenal dengan cita rasanya yang enak menggugah selera. berikut kulinernya yang wajib Anda coba.
Ilustrasi - Kuliner nusantara. (Foto: Tagar/Pinterest/Sri Utami)

Jakarta – Makanan khas Nusantara sudah pasti dikenal dengan cita rasanya yang enak menggugah selera, di Indonesia setiap daerah memiliki makanan Khasnya masing-masing dengan rasa yang dapat menggiurkan selera.

Nah, berikut ini 5 rekomendasi kuliner nusantara yang terkenal di daerahnya masing-masing dan rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi.


1. Jagung bose

Jagung BoseJagung Bose. (Foto: Tagar/Pinterest/Cookpad)


Sebagian besar masyakarat di Indonesia makanan pokoknya adalah nasi, namun tidak semua daerah di Indonesia dapat ditanami padi. Di pulau Timor, masyarakat sana menjadikan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. 

Kuliner unik ini dapat disantap dengan tambahan karmanaci, daging sei dan tumis bunga pepaya. Tetapi, menurut kepercayaan orang-orang Timor, makan jagung bose tidak boleh dimakan dengan daging sei karena pamali. 

Untuk menetralkan pamali, jagung bose harus didampingi lawar ikan jika tetap ingin makan jagung bose dengan daging sei.


2. Kue selingkuh

Kue SelingkuhKue Selingkuh. (Foto: Tagar/Bukareview)


Di kepulauan seribu terdapat banyak aneka ragam makanan dengan memiliki nama yang unik, salah satunya ialah Kue selingkuh yang berbahan dasar beras yang dimasak dengan santan kemudian diaron dan diletakan diatas daun pisang. Kue ini memiliki citra rasa yang gurih dan lembut. Kue ini mudah ditemukan di Kepulauan Seribu pada pagi hari.


3. Rumpu rampe

Rumpu RampeRumpu Rampe. (Foto: Tagar/instagram/@rasamasa)


Di beberapa daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki olahan khas bunga pepaya, olahan sayur bunga pepaya tersebut bernama Rumpu Rampe. 

Rumpu rampe dibuat dengan sayuran daun ubi dan daun pepaya, tapi rasa dari masakan ini tidak terlalu pahit karena sudah dicampur dengan garam. Rumpu rampe ditumis hingga aroma wangi keluar. Bercita rasa gurih dengan campuran rasa pahit.


4. Rendang

RendangRendang. (Foto: Tagar/Pinterest/Cookpad)


Siapa yang tidak kenal dengan masakan ini. Masyarakat Indonesia pasti sudah pernah merasakan makanan yang satu ini. Makanan rendang yang berasal dari Padang ini memiliki cita rasa yang sangat enak. Dengan menggunakan bahan dasar beberapa bumbu rempah-rempah dan dengan bahan dasar daging.


5. Puk Cue

Puk CuePuk Cue. (Foto: Tagar/Bukareview)


Kalau mendengar pempek pasti langsung terbayang makanan khas Palembang. Masyarakat kepulauan seribu juga memiliki “pempek” versinya sendiri. Namanya puk cue, kuliner khas Kepulauan Seribu yang terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan daging ikan segar.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
Kuliner Tradisional Khas Nusantara yang Sudah Langka
Kuliner tradisional menjadi salah satu daya tarik para wisatawan Nusantara dan mancanegara. Namun keberadaanya kini sudah sangat langka.
Kuliner Tradisional Nusantara di Menu Buka Puasa Hotel Santika Premiere
Satu kuliner tradisional yang cukup digemari pengunjung Delima Restaurant Santika Premier adalah jadah goreng berbalut tepung manis. Kudapan ini menjadi makanan favorit di sajikan bersama teh hangat atau kopi.
Lima Kuliner Tradisional Indonesia dengan Nama Unik
Kuliner tradisional Indonesia telah dikenal dengan kelezatan dan keunikannya, tapi apa sudah ada mencicipi kuliner dengan nama yang aneh di telinga
0
5 Kuliner Nusantara yang Wajib Dicoba Orang Indonesia
Makanan khas Nusantara sudah pasti dikenal dengan cita rasanya yang enak menggugah selera. berikut kulinernya yang wajib Anda coba.