Arti Cum Date, Ex Date, Recording, dan Distribution Date dalam Saham

Banyaknya istilah mungkin akan terdengar asing, terutama kamu sebagai pemula yang baru terjun ke dalam dunia saham.
Ilustrasi dividen saham (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Berinvestasi di saham memang sangat menguntungkan. Namun hal itu tentunya harus diiringi dengan kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni tentang pasar modal. Oleh sebab itu, kamu harus banyak mempelajari istilah yang ada dalam saham.

Banyaknya istilah mungkin akan terdengar asing, terutama kamu sebagai pemula yang baru terjun ke dalam dunia saham. Namun hal itu bukanlah halangan bagimu jika ingin menggeluti bidang ini dengan tekun.

Salah satu istilah yang sering menjadi sorotan pemegang saham adalah cum date, ex date, recording date, dan distribution date. Istilah-istilah ini bisa digunakan untuk pembagian dividen atau saat saham sedang right issue.

Berikut ini adalah pengertian dari keempat istilah di atas.


1. Cum Date

Cum date atau Cum-Dividend Date / Cumulative Date merupakan tanggal penentuan terakhir bagi para investor dapat mendaftarkan diri untuk memperoleh dividen dari kepemilikan saham suatu perusahaan tertentu.

Biasanya cum date akan berlangsung selama satu hari dan bila kamu membeli saham setelah hari cum date, maka kamu sudah masuk ke dalam ex date, yakni kamu sudah tidak berhak mendapatkan dividen dari perusahaan tersebut.


2. Ex Date

Ex date atau Ex-Dividend Date / Expired Date adalah hari setelah ­ex date yakni berupa tanggal pertama kadaluarsa dari pencatatan kepemilikan saham suatu perusahaan tertentu. Jika kamu membeli saham pada tanggal ini, maka kamu tidak berhak mendapatkan dividen.


3. Recording Date

Recording Date merupakan tanggal di mana sebuah perusahaan mencatat investor saham untuk mendapatkan dividen. Biasanya recording date jatuh pada cum date pasar tunai dan dari KSEI sendiri dijadwalkan T+3 dari cum date atau T+2 dari ex date.


4. Distribution Date

Distribution date atau yang lebih dikenal dengan payment date merupakan tanggal pembayaran dividen kepada pemegang saham suatu perusahaan tertentu. Jadwal pembayaran dividen biasanya jatuh kurang lebih 3 minggu setelah ex date.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Withdraw Cuan Saham atau Gulung Modal? Begini Kata Vier Abdul Jamal
Kita harus tahu bahwa tujuan pertama kita masuk di market untuk trading hanyak satu, yakni profit.
Cara Mudah Analisa Fundamental Saham Menggunakan Excel
Analisa ini erat kaitannya dengan laporan keuangan emiten terkait yang bisa diakses dengan mudah oleh investor di bursa efek.
Apakah Harus Langsung Take Profit Saat Saham Naik?
Take profit merupakan aksi mengambil keuntungan dengan menjual atau melepas saham yang dibeli.
0
Arti Cum Date, Ex Date, Recording, dan Distribution Date dalam Saham
Banyaknya istilah mungkin akan terdengar asing, terutama kamu sebagai pemula yang baru terjun ke dalam dunia saham.