UNTUK INDONESIA

Aplikasi WhatsApp Luncurkan Fitur Transfer Uang Antar Bank

Para pengguna aplikasi WhatsApp di India dapat melakukan transfer uang secara digital melalui platform pesan singkat tersebut.
Logo WhatsApp

Jakarta - Perusahaan raksasa teknologi Facebook.inc melakukan pembaruan pada aplikasi pesan singkat WhatsApp sehingga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transfer uang secara digital melalui platform layanan mereka. Saat ini, fitur baru tersebut telah resmi tersedia di India.

Mengutip informasi dari laman resminya, pihak WhatsApp mengatakan bahwa pengguna di India saat ini sudah dapat mengirimkan uang secara daring selama mereka memiliki rekening bank dan kartu debit.

Fitur tersebut telah aktif (go live) pada Rabu, 11 November 2020 setelah mendapat izin dari otoritas pembayaran retail India, National Payments Corporation of India (NPCI), menggunakan infrastruktur pembayaran nasional di negara tersebut, Unified Payment Interface (UPI), secara bertahap.

"Mulai hari ini, masyarakat di seluruh India dapat mengirim uang melalui WhatsApp," kata pihak WhatsApp, dikutip Tagar pada Sabtu, 14 November 2020.

"Pengalaman pembayaran yang aman ini membuat transfer uang semudah mengirim pesan. Orang-orang dapat dengan aman mengirimkan uang kepada anggota keluarga atau berbagi harga barang dari jarak jauh tanpa harus menukar uang tunai secara langsung atau pergi ke bank setempat," kata mereka.

WhatsAppAplikasi WhatsApp. (Foto: Tagar/Forbes)

Menggunakan teknologi dengan sistem UPI, fitur ini memungkinkan para pengguna melakukan transaksi di lebih dari 160 bank yang merupakan partner WhatsApp. Untuk mengirim uang, pengguna hanya harus memiliki rekening bank dan kartu debit di India.

WhatsApp mengirimkan instruksi ke bank yang telah disusupi sistem UPI. Saat ini, sudah ada lima bank di India yang bekerja sama degan pihak WhatsApp, yakni ICICI Bank, HDFC Bank, Axis Bank, State Bank of India, dan Jio Payments Bank.

"Dalam jangka panjang, kami percaya kombinasi WhatsApp dan arsitektur unik UPI dapat membantu organisasi lokal mengatasi beberapa tantangan utama di zaman sekarang, termasuk meningkatkan partisipasi pedesaan dalam ekonomi digital," kata WhatsApp.

Fitur pembayaran melalui aplikasi WhatsApp diberlakukan di India dengan pertimbangan jumlah pengguna yang merupakan capaian terbesar di negara tersebut, yakni mencapai angka 400 juta pengguna. Layanan ini didukung dengan 10 versi bahasa daerah di India.

"Kami senang bergabung dengan kampanye India untuk meningkatkan kemudahan dan penggunaan pembayaran digital, yang membantu memperluas inklusi keuangan di India," tutur pihak WhatsApp. []

Berita terkait
YouTube Down Sejak Pagi, Intip Catatan Down Detector
Laman berbagi video YouTube mengalami gangguan atau down sejak Kamis pagi, 12 November 2020.
Kominfo Koordinasi ke Twitter - YouTube Takedown Video Mirip Gisel
Kominfo tengah melakukan koordinasi dengan sejumlah platform digital seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube terkait video mirip Gisel.
Aplikasi WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Ini Fungsinya
Sebagai catatan, fitur ini tidak dapat diaplikasikan untuk percakapan grup, kecuali dilakukan oleh admin grup.
0
Aplikasi WhatsApp Luncurkan Fitur Transfer Uang Antar Bank
Para pengguna aplikasi WhatsApp di India dapat melakukan transfer uang secara digital melalui platform pesan singkat tersebut.